Home / Gema Sriwijaya / Hari Jadi Kelima, Gubernur Puji Kabupaten PALI

Hari Jadi Kelima, Gubernur Puji Kabupaten PALI

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Gubernur Sumsel ketika meresmikan pameran pembangunan PALI. (foto-anasrul/koransn.com)

Pali, KoranSN

Rangkaian Hari Jadi Kabupaten PALI ke-5 tahun 2018 berjalan sukses. Terlihat dari beberapa kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT PALI yang kelima tersebut. Seperti jalan santai bersama Bupati PALI, Lintas Alam Pemuda, Konser Musik Regae Monomon, Rapat Paripurna DPRD Istimewa, pameran pembangunan Kabupaten PALI, sosialisasi Asian Games 2018 yang langsung dilakukan oleh Gubernur Sumsel, Jelajah Alam PALI Anti Narkoba II (JAPAN), serta puncaknya pada pesta rakyat yang digelar Sabtu (21/4/2018) malam yang mendatangkan langsung artis Ibukota Jakarta, Dewi Persik dan Vallen Vie. Masyarakat PALI pun antusias dengan ribuan warga menyaksikan langsung pesta rakyat yang digelar di Lapangan Gelora November komplek Pertamina Pendopo.

Terlepas dari rangkaian itu, Gubernur Sumatera Selatan Ir. H. Alex Noerdin, SH memuji pencapaian dan keberhasilan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), meskipun usianya baru menginjak lima tahun pada 22 April 2018 ini.

Hal itu diungkapkan langsung Alex Noerdin saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten PALI dalam rangka Hari Jari Kabupaten PALI ke-5 tahun, 22 April 2013 sampai dengan 22 April 2018, Sabtu (21/4/2018) di gedung Arsendora Komplek Pertamina Pendopo kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

Dinilai Alex Noerdin, Kabupaten PALI seolah sudah merayakan hari jadi ke-15 tahun pada 2018 ini.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin foto bersama Bupati PALI, H Heri Amalindo dan jajaran.

“Meskipun usianya 5 tahun, tapi pencapaiannya sudah seperti usia 15 tahun. Terlihat dari laporan pak Bupati tadi, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI yang pada tahun 2013 lalu hanya Rp 15 Milyar, tapi kini APBD Kabupaten PALI di tahun 2018 sudah diangka Rp 1,5 Triliun. Sudah berpuluh-puluh kali lipat. Kemudian jalan mantap yang dulu hanya 13,4 %, di tahun 2018 ini jalan mantap sudah mencapai 57%. Namun itu baru awal, masih banyak yang harus dibenahi,” ungkap Gubernur.

Akan tetapi, Mantan Bupati Musi Banyuasin itu juga berharap agar Kabupaten PALI tidak cepat puas dengan pencapaian yang ada. “Misal di sektor jalan, dari 57% kalau bisa ditingkatkan menjadi 80%. Kemudian, daerah ini (PALI, red) kalau dikelolah dengan baik maka hasilnya bisa lebih dari sekarang,” tutupnya.

Sementara itu, apresiasi kepada Pemkab PALI juga disampaikan oleh legislator DPRD Provinsi Sumsel, Asgianto, ST. Politisi Partai Gerindra itu menilai Kabupaten PALI dibawah kepemimpinan H. Heri Amalindo mengalami kemajuan yang pesat.

“PALI dengan Bupatinya H. Heri Amalindo sangat luar biasa. Di usia 5 tahun, tetapi jalan yang sudah layak jalan mencapai 57%. Ini menjadi salah satu indikator bahwa Kabupaten ini bakal maju. Kalau bupatinya bukan Pak Heri, mungkin belum tentu kabupaten PALI akan seperti ini. Beliau juga (Heri Amalindo, red) sarat pengalaman dengan belasan tahun di Dinas PU. Saya secara pribadi sangat mengapresiasi kepada bupati PALI,” tuturnya.

Bupati PALI dan Ketua TP PKK PALI berfoto bersama Dewi Persik.

Di tempat yang sama, Drs. H. Soemarjono ketua DPRD Kabupaten PALI mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati PALI yang sangat konsen dalam membangun kabupaten PALI ini.

“Dari sisi kami DPRD, pencapaian Pemkab PALI sudah membaik. Pengawasannya juga untuk pembangunan sudah mulai baik pula. Namun, untuk fungsi dari legislasinya yang perlu didorong oleh eksekutif,” ujar politisi PDIP Perjuangan itu.

Sementara itu, Bupati PALI H Heri Amalindo mengatakan bahwa pencapaian yang sudah ada ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat PALI dan seluruh elemen terkait dalam membangun Daerah Otonomi Baru (DOB) yang disahkan melalui UU Nomor 7 tahun 2013 itu.

“Tentu pencapaian ini bukan karena kami, tapi atas kerja keras kita semua. Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih atas support dan dukungannya selama ini terhadap kabupaten PALI. Terutama kepada pak Gubernur yang selalu memberikan sumbangsihnya kepada PALI,” tutur suami dari Hj Sri Justina itu.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Sumsel itu mengatakan bahwa masih banyak yang belum terealisasi di usia yang kelima ini.

“Kita ingat tahun 2013 lalu pak, dimana jalan yang layak hanya 13,3%. Sementara sekarang sudah mencapai 57%. Namun, capaian ini masih banyak yang belum dicapai. Untuk itu, kita jangan berpuas diri. Dan dalam kesempatan ini pula kami masih mengharapkan bantuan dari pak Gubernur, untuk membangun kabupaten PALI,” tutupnya. (ans)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Bulog Lubuklinggau Siapkan 1,2 Pikul Daging Beku

Lubuklinggau, KoranSN Bulog Lubuklinggau menyiapkan 1,2 pikul atau 1.200 Kg stok daging beku dengan harga ...

error: Content is protected !!