Home / Kota Musi / Hari ke 2 Penerapan One Way, Banyak Pengendara Melanggar

Hari ke 2 Penerapan One Way, Banyak Pengendara Melanggar

Petugas Dishub Kota Palembang mengatur lalu lintas pada arus one way yang diterapkan. (Foto-Reigan/Koransn)

Palembang, KoranSN

Penerapan sistem satu arah (one way) di Jalan Srijaya Negara dan Jalan Padang Selasa pada hari ke 2 sejak dimulai pada Kamis (11/1/2018) kemarin, nampaknya belum sepenuhnya dipatuhi pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Pasalnya, dari pantauan Suara Nusantara, Jumat (12/1/2018) hingga sore hari masih banyak pengendara yang melanggar, terutama kendaraan roda dua yang masih mencoba menerobos sistem one way tersebut.

Rahmad (55), salah satu warga Jalan Srijaya Negaraa mengatakan, ruas jalan di kawasan ini tidak terlalu lebar. Selain itu, di sini juga banyak perkampungan. Jadi, warga sekitar tidak sedikit hulu-hilir lewat dan bermain di pinggir jalan.

“Takutnya ada apa-apa kalau banyak kendaraan yang lewat karena debu sama asap kendaraan semakin banyak, tetapi mau bagaimana lagi karena kebijakan pemerintah ini mau tidak mau kita terima,” kata Budi, Jumat (12/1/2018).

Hal senada juga diungkapkan salah satu mahasiswi, Diah (23) menjelaskan, dirinya menyayangkan penerapan satu arah karena jika naik angkot, penumpangnya harus Turun lebih jauh.

“Biasanya tidak usah putar arah langsung lurus saja, tetapi sekarang jadi lebih jauh, jadi memakan waktu lebih lama,” kata Diah.

Sementara, Kepala Sat Lantas Polresta Palembang, Kompol Yudha Widyatama mengatakan, selama dua hari penerapan sistem one way ini, berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya, nampaknya masih banyak terjadi kepadatan kendaraan di Jalan Padang Salasa. Selain itu, tidak sedikit pengendara yang melanggar.

Meski demikian, lanjut Yudha, untuk arus lalu lintas disana sudah ada perkembangan, terutama pada waktu sibuk, seperti; pagi, siang dan sore hari. Jadi meski terlihat padat tetapi arus tetap lancar dan tidak seperti sebelum diterapkannya one way ini.

“Selama pantauan kita ditemukan masih banyak pengendara yang melanggar, tetapi kita tidak melakukan tilang, melainkan hanya memberikan teguran dan menghimbau untuk mematuhi aturan yang berlaku,” jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai rencana awal one way ini akan diterapkan selama satu pekan kedepan, yakni tanggal 11-18 Januari 2018. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi apakah akan diterapkan secara permanen.

“Nanti setelah mengetahui hasilnya, kita akan mengadakan rapat Anev lagi untuk memastikan apakah one way ini akan kita lanjutkan atau dikembalikan semula lagi,” pungkasnya. (rgn)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Kadispenad: “Netralitas TNI AD Jangan Diragukan, Melanggar Ditindak Tegas

Palembang, KoranSN Kadispenad, Brigjen TNI Alfret Denny D. Tuejeh menegaskan, dalam perhelatan Pilkada Serentak 2108 ...

error: Content is protected !!