Harnojoyo Sebaiknya Didampingi Calon Bertipikal Konseptor

Prof Alfitri. (foto/Anton Wijaya)
Prof Alfitri. (foto/Anton Wijaya)

Palembang, KoranSN

Sejumlah nama bakal calon wakil walikota (Cawawako) Palembang sudah diserahkan ke Walikota Palembang Harnojoyo untuk kemudian dipilih dua nama untuk dipilih oleh DPRD Kota Palembang.

Dari nama yang muncul, pengamat politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof Alfitri menilai, calon bertipikal konseptor dan kuat di birokrasi akan lebih baik untuk mendampingi Harnojoyo yang dinilainya berkarakter pekerja lapangan.

“Saya tidak punya prediksi, tapi sebaiknya calon wakil nanti yang bisa mengimbangi walikota, kan tipikal pak Harno ini orang lapangan, praktis, mau nyemplung nyemplung, nah (untuk wakil) dia harus berpikir, konseptor, memiliki managemen yang baik, dan kuat di birokrasi. Itu harapan kita,” kata Alfitri, ditemui, Kamis (14/4/2016).

Menurutnya, sejumlah nama cawawako yang muncul, memiliki kans yang sama untuk mendampingi Harnojoyo. “Kuncinya ada di Walikota, siapa dua nama yang menjadi prioritasnya,” ujar dia.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPR: Kesadaran Bersama Kunci Keberhasilan Lawan COVID-19

Terkait kemungkinan politik balas budi seiring munculnya nama Fitrianti Agustinda, yang juga adik kandung mantan Walikota Palembang Romi Herton. Menurut Alfitri, hal itu bisa saja terjadi.

Ia menilai, politik balas budi sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia, bahkan sudah menjadi budaya politik, seperti memberikan penghargaan kepada orang yang sudah membantunya. Hal ini bisa terjadi dalam proses pemilihan kepala daerah.

“Ini (politik balas budi,red) bisa negatif bisa positif. Kalau calon itu punya kompetensi dan memiliki kepemimpanan yang baik, itu positif, tetapi kalu tidak, dia jadi negatif, kalau calon tidak tahu apa-apa, kan berbahaya, orang yang tidak mempunyai kemampuan,” bebernya.

Alfitri berharap, anggota DPRD Palembang yang akan memilih cawawako, harus mengedepankan kepemimpinan Kota Palembang kedepan, dan tidak memaksakan kehendak. Artinya, calon yang dipilih harus sejalan dengan Walikota.

Baca Juga :   Ribuan Buku Perpus Sumsel 'Hilang'

“Kepemimpinan itu harus di kedepankan, karena bakal ada even even besar yang membutuhkan kerja keras, dan Harnojoyo harus memiliki pendamping yang mampu mensuportnya,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah nama sudah diterima oleh Walikota Palembang dari partai pengusung, yakni Yudha Rinaldi (DPI Perjuangan), Yudi F Bram (PAN), Fitrianti Agustinda (PKS dan PPP) dan Suhaili (PKS). (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Mukhlisuddin: ASN Kemenag Palembang Harus Paham Tupoksi

Palembang, KoranSN Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA memberikan pembinaan kepada aparatur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.