Home / Kota Musi / Harus Segera Cari Jalan Keluar

Harus Segera Cari Jalan Keluar

Bagindo Togar. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Kabut asap pekat yang menyelimuti Sumatera Selatan, terutama di Kota Palembang dinilai Pengamat Sosial dan Politik Sumsel Bagindo Togar Butar-butar akibat dari penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang belum maksimal.

Menurutnya, pemerintah daerah tak juga kunjung mampu menemukan resep serta jurus ampuh tatkala bencana Karhutla mulai merebak ke lokasi-lokasi yang rawan atau peka akan terjadi ke pembakaran massal.

“Kekuatan utama dalam meminimalkan masalah ini adalah dengan penegakan law enforcement yang mengacu pada ragam upaya pencegahan, monitoring, pendidikan serta sosialiasi regulasi atas bahaya Karhutla dan lain lain,” kata Bagindo.

Baca Juga :   Eceng Gondok Bercampur Sampah Ganggu Aktivitas Transportasi Sungai

“Wewenang dan tugas penanggulang bencana, kurang efektif bila diarahkan tugas maupun tanggungjawabnya kepada pemerintah pusat semata, dalam konteks ini BNPB/ BNPD. Perencanaan dan kinerja koordinatif antar pemerintah daerah dengan Badan yang ditugaskan Pemerintah mutlak untuk dijadikan blue print tugas kolektif, sehingga bencana ini mampu ditekan hingga titik terendah sehingga tidak meresahkan serta menambah derita masyarakat,” ulas Ketua Forum Demokrasi Sriwijaya ini, Senin (14/10/2019).

Di sisi lain Bagindo berpendapat, untuk mengurangi dampak kabut asap, bisa dilakukan beberapa langkah antisipasi, seperti penyemprotan air ke sejumlah titik, misal di perkantoran, sekolah-sekolah, taman dan jalan-jalan.

Baca Juga :   Palembang Expo Capai Transaksi Hingga Rp 12 M

“Untuk melakukan ini, kita bisa maksimalkan potensi yang ada, seperti kendaraan milik PBK ataupun milik dinas berwenang lainnya, bisa kita gunakan untuk menyemprot sudut-sudut kota dan tempat-tempat penting lainnya. Langkah ini bisa merangsang terjadinya pemuaian yang menyebarkan partikel air,” kata Bagindo.

“Pemerintah daerah juga harus melakukan langkah atau kebijakan yang bersifat mencari jalan keluar atau paling tidak kebijakan yang mampu mengurangi dampak kabut asap,” pungkasnya. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Waspada Hujan Ekstrim!

Palembang, KoranSN Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel memprediksi hujan ekstrim disertai petir dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.