Home / Kesehatan / Hati-hati, Begadang Bisa Memicu Serangan Jantung

Hati-hati, Begadang Bisa Memicu Serangan Jantung

Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Seseorang yang biasa begadang diharuskan mengganti waktu tidur meskipun saat siang hari dengan durasi normal enam hingga delapan jam. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula.

Dengan jam biologis yg berubah seseorang rentan terserang penyakit seperti diabetes, darah tinggi, stres dan gagal jantung. Bahkan, serangan jantung bisa menimpa jika begadang dalam intensitas yang cukup sering.

“Sering begadang membuat hormon pemicu tekanan darah tinggi, terus menerus meninggi. Akibatnya bisa hipertensi. Dan kalau terjadi cukup sering, serangan jantung bisa terjadi,” ujar spesialis penyakit dalam dr Wismandari Wisnu SpPD-KEMD,FINASIM.

Baca Juga :   Usia Bertambah, Organ Vital Juga Semakin Menua

Pada umumnya tubuh manusia sudah ditentukan dengan jam biologis untuk beristirahat saat malam hari dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas. Namun, hal tersebut seringnya diabaikan akibat kesibukan yang padat dan malah membuat tubuh harus tidur larut atau bahkan dini hari.

“Sering begadang juga memicu obesitas karena ada gangguan keseimbangan hormonal. Hormon itu yang membuat keinginan untuk makan saat begadang,” kata dia.

Bahkan, bahaya diabetes melitus akan mengintai akibat gangguan hormon tersebut. Di mana produksi suatu hormon tertentu akan meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga :   Hindari Mengoleskan Minyak Zaitun pada Kulit Bayi

“Insulinnya juga jadi resisten sehingga kadar gula makin naik. Maka, Disarankan tidak begadang terlalu sering. Sesekali boleh. Saat sudah terlalu sering begadang, tubuh lebih rentan terserang penyakit.” (viva.co.id)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

7 Tips Jitu agar Mantan Pacar Mau Diajak Balikan

BEBERAPA orang mungkin pernah mengalami saat-saat perpisahan dengan kekasih, merasa menyesal atau bahkan merasa semakin ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.