Home / Kota Musi / Haul Kiai Marogan ke-115, Bangkitkan Unsur Wisata Religi

Haul Kiai Marogan ke-115, Bangkitkan Unsur Wisata Religi

Ahmad Zazuli.
Ahmad Zazuli.

Palembang, KoranSN

Peringatan Haul Kiai Marogan ke-115 yang akan dipusatkan di Masjid Kiai Muara Ogan, 24 April mendatang, bertujuan untuk membangkitkan unsur wisata religi yang ada di Palembang.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Palembang Ahmad Zazuli mengatakan, kegiatan masyarakat seperti ini dapat menunjang pariwisata religi di Palembang. Seperti yang diketahui Kiai Marogan sendiri dikenal sebagai ulama pelopor dakwah dengan menyusuri Sungai Musi.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tentu mendukung, selain memang agenda tahunan mengenang sejarah Kiai Marogan, ini juga dapat menunjang dari sisi pariwisata meski memang tidak kita targetkan jumlah pengunjungnya,” ujarnya, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga :   2016, Jakabaring Jadi Kecamatan

Selain itu, lanjutnya, Hal yang sama juga berlaku pada kegiatan haul atau upacara peringatan yang lain. Disebutkan Zazuli, di Kota Palembang sendiri setidaknya ada 11 kegiatan haul yang bisa menyedot perhatian, diantaranya Haul Ki Marogan dan Ziarah Kubro.

“Kita tentu menghormati zuriat Palembang untuk menggelar acara seperti ini dan kita upayakan untuk tetap lestari, termasuk pelestarian kampung arab Al-Munawar dipastikan bisa menjadi destinasi wisata religi juga di Palembang,” terangnya.

Sementara itu, koordinator panitia penyelenggara Haul Kiai Marogan Ust Yayan menjelaskan, peringatan tersebut akan dihadiri ribuan peziarah yang datang dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

“Haul ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi para alim ulama, para habib, pemkot, serta kaum muslim, khususnya yang ada di sekitar Kelurahan 5 Ilir,” imbuhnya, usai audiensi dengan walikota di kantor Setda Kota Palembang, Senin (11/4).

Baca Juga :   Antusias Masyarakat Saksikan Film Pemberontakan G30S/PKI

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan haul, dimulai pada Jumat malam (22/4) digelar acara silaturahmi seluruh tarekat se-Sumatera Selatan (Sumsel). Lalu Sabtu (23/4) siang acara khataman Al-Quran para santri Masjid Ki Marogan. Selanjutnya puncak acara di hari Minggu (24/4), akan dilakukan prosesi perjalanan menyusuri sungai dari Masjid Lawang Kidul ke Masjid Ki Marogan dengan kapal jukung. Terakhir prosesi penggantian kelambu makam dan salam ziarah. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Ibu Negara Iriana Bagi-bagi Hadiah Sepeda

Palembang, KoranSN Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Negara Republik Indonesia Hj …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.