Home / Kota Musi / HD Inginkan Sumsel Religius

HD Inginkan Sumsel Religius

Gubernur Sumsel, Herman Deru saat disambut warga. (foto-ist)

Martapura, KoranSN

Gubernur Sumsel, H Herman Deru melakukan Safari Ramadhan 1440 Hijriah di Martapura Kabupaten OKU Timur, Sabtu malam (11/5/2019). Safari Ramadhan Gubernur kali ini diisi dengan sejumlah agenda, diantaranya diawali dengan buka puasa bersama dan Shalat Magrib berjemaah bertempat di rumah dinas Bupati OKU Timur.

Selanjutnya dilakukan Shalat Isya dan Tarawih berjemaah bertempat di Masjid Sabilul Mutaqin Desa Kota Baru Selatan Kecamatan Martapura. Usai Shalat Tarawih, dilakukan pengukuhan secara simbolis Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Desa (P2UKD) dan Petugas Penghubung Urusan Keagamaan Kelurahan (P2UKK) se-Kabupaten OKU Timur, OKU dan OKU Selatan dengan jumlah sebanyak 1000 orang.

Dikesempatan ini juga Gubernur dan Ketua TP PKK Sumsel menyerahkan santunan bagi anak yatim piatu, dan bantuan untuk pembangunan Masjid Sabilul Mutaqin Martapura berupa bantuan AC.

Dalam arahannya Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengucapkan syukur karena tidak ada yang berubah, silaturahminya dengan warga OKU Timur tetap terjaga, antara dirinya dengan alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur pemerintahan dan masyarakat OKU Timur.

Baca Juga :   Pengkab OKI Targetkan Juara Pada Kejurda Panahan Provinsi Sumsel 2017

Dia juga memberikan apresiasi kepada Bupati OKU Timur yang telah membangun Masjid Sabilul Mutaqin.

“Sebenarnya pendirian masjid ini sudah 10 tahun saya cita-citakan, saat masih menjabat bupati. Dulu, rencananya mau bangun Islamic Center. Dan kini lebaran nanti masjid ini bisa dimanfaatkan oleh pemudik. Nanti, saya minta poskonya di masjid ini,” tegas Gubernur.

Gubernur mengharapkan, sedangkan untuk P2UKD yang dikukuhkan tugasnya multi fungsi, seperti membina umat, penyuluh agama, mengambil peran sebagai P3N, penggagas rumah tahfidz, pelatihan khotif, penyelenggaraan mayat dan lain lain.

“Saya ingin Sumsel ini menjadi Provinsi yang religi. Tapi ini tugas berat kita bersama. Para umaro, ulama dan umat tugasnya berbeda harus dijalankan sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing,” tandasnya.

Baca Juga :   MEA Ancam Ratusan PHK

Sementara Kakannwil Kemenag Sumsel, H Alfajri Zabidi dalam laporannya mengatakan, pelantikan P2UKD dan P2UKK OKU Timur merupakan yang perdana di Sumsel, dan berdasarkan SK-31 Desember 2018 yang mulai berlaku 1 Januari 2019 dengan gaji 3.600 ribu pertahun.

“Fungsi dari petugas ini sebagai penghubung dan pembinaan umat, majelis taqlim, rumah tahfidz dan pembinaan umat. Dan pelantikan P2UKD dan P2UKK se- Sumsel dilantik secara bertahap diawali dari OKU Timur. Insya Allah, Quran akan tetap menggema di Sumsel,” tegasnya.

Dia juga mendoakan Gubernur Sumsel dan Bupati OKU Timur agar istiqomah dalam menjalankan amanah memimpin dan membangun daerah.

Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi melaporkan kondisi OKU Timur pasca Pemilu 2019 tetap kondusif.

“Saya bersama dengan seluruh jajaran Pemkab OKU Timur merasa bangga, dan ucapan terimakasih atas dialokasikannya Rp 279 miliar untuk perbaikan dan pembangunan jalan provinsi di OKU Timur,” tandasnya. (dan)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa Kodim Palembang Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi

Palembang, KoranSN Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan yang rawan kebakaran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.