Home / Politik dan Pemerintahan / HD Usulkan Lahan Gambut Jadi Lahan Pertanian

HD Usulkan Lahan Gambut Jadi Lahan Pertanian


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Herman Deru. (Foto-Ferdinand/Dok/Koransn)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) akan mengusulkan lahan gambut menjadi lahan pertanian. Selain menambah areal luas tanam (sawah), itu juga untuk mengurangi bencana kebakaran lahan yang kerap terjadi di Sumsel.

“Jadi penyebab Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) itu yang nomor satu (lahan gambut), makanya saya punya inisiatif, jika tidak melanggar undang-undang atau aturan yang lebih tinggi, saya akan manfaatkan ini lahan menjadi lahan yang bermanfaat, nanti akan kita bantu,” ungkap Herman Deru, kemarin.

Baca Juga :   Dana Sekolah Gratis Nunggak

Dikatakannya, perubahan lahan tersebut, tanpa mengubah kepemilikan lahan. Di samping itu, dengan menjadikan lahan gambut menjadi persawahan, dapat menghasilkan beras, sehingga membantu ketahanan pangan Sumsel.

“(Perubahan itu) dengan tidak mengubah kepemilikan, misal milik si A tetap milik si A. Saya akan mencari formula secara khusus agar lahan gambut ini menjadi lahan yang menghasilkan,” katanya.

Ia menambahkan, jika disetujui, ditargetkan dalam satu tahun ada penambahan luas tanam diatas 50 ribu hektare. “Ini gak mahal, saya sudah sampaikan sebelumnya, dengan menggunakan teknologi vietnam, kira-kira ada penambahan biaya per panen itu Rp 200 ribu per hektare,” ujar mantan Bupati OKU Timur ini. (awj)

Baca Juga :   Pemprov Siapkan Tiga Opsi Pengadaan Beras ASN
Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Bukber Kadin, Dodi Reza Alex Ucapkan Selamat ke Presiden Jokowi

Jakarta, KoranSN Presiden Jokowi, Jumat (24‎/5/2019) berbuka puasa bersama dengan keluarga besar Kamar Dagang dan Industri …