Home / Politik dan Pemerintahan / Herman Deru Ajak Masyarakat Sumsel Gunakan Hak Pilih

Herman Deru Ajak Masyarakat Sumsel Gunakan Hak Pilih

(Dari kiri ke kanan) Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat melakukan video conference terkait pelaksanaan Pemilu tahun 2019. (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan melakukan video conference terkait dengan pelaksanaan Pemilu tahun 2019, Senin (15/4/2019).

Dalam video conference dengan para Bupati dan Walikota Se-Sumsel yang digelar di ruang Posko Gajah Biro Operasi Polda Sumsel, Senin (15/4/2019) tersebut, Gubernur mengharapkan agar pesta demokrasi lima tahunan yang akan digelar secara nasional, Rabu 17 April 2019, penyelenggara dan pengawas Pemilu serta aparat keamanan TNI/Polri dan masyarakat merapatkan barisan mensukseskan jalannya Pemilu.

“Saya berharap partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya di TPS,” ucap gubernur.

Di kesempatan tersebut Gubernur juga berharap agar hal terkecil apapun bentuknya yang berpotensi dapat mengganggu suksesnya jalan Pemilu. Dapat diantisipasi secepat mungkin seperti kesiapan genset antisipasi listrik padam. Atau aktivitas yang memicu kecurigaan dan emosi dari masing-masing pihak yang sengaja ingin suasana keruh.

Baca Juga :   Herman Deru Minta IMM Sumsel Aktif Antisipasi Masa Rawan Pemilu

“Kita sebagai pamong seperti bupati, wali kota, camat, kades dan lurah di daerah. Untuk meluangkan waktu memantau wilayah kerjanya. Karena ini bagian dari tangung jawab kita,” tambahnya.

Sebelum melakukan video conference dengan para Bupati dan Walikota Se-Sumsel. Gubernur H Herman Deru dan unsur Forkompinda juga menyimak video conference Menko Polhukam RI, Wiranto, Mendagri RI, Tjahjo Kumolo, Menteri Kominfo RI, Rudiantara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung M Prasetyo. Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Dalam kesempatan Vicon tersebut, Kemenko Polhukam Wiranto mengatakan, sebagian besar tahapan Pemilu 2019 sudah berhasil dijalankan dengan baik. Hal itu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Kini, tahapan Pemilu mencapai puncaknya, yakni pemungutan suara pada 17 April 2019.

Baca Juga :   BOT Cinde Dikaji, RS Erba Dibatalkan

“Dua hari lagi kita akan menghadapi tahapan puncak Pemilu yakni pencoblosan dengan jumlah TPS yang sangat banyak. Kita harus dapat melaksanakan ini dengan aman dan sukses”, kata Wiranto.

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pangab) itu ingin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tanpa intimidasi sedikitpun. Maka, diperlukan suatu pengamanan yang sangat terkoordinasi untuk memastikan pemungutan suara berjalan lancar.

“Sehingga dapat menghadirkan pemimpin yang berkualita”, tuturnya.

Pada kesempatan Vicon tersebut, Menko Polhukam Wiranto juga berpesan kepada aparat untuk senantiasa memberikan ruang yang aman bagi para pemilih untuk mencoblos ke TPS. Selain itu, aparat juga diminta membantu penyelenggara Pemilu apabila dibutuhkan.

“Pasang mata dan telinga, netralisir tiap indikasi yang mengganggu pemilu. Cari, temukan dan atasi sebelum mereka lakukan kegiatan yang mengganggu. Kawal perhitungan suara secara tepat untuk menghindari kecurangan. Jaga netralitas sebagai aparat keamanan. Mengamankan Pemilu adalah sebuah kehormatan,” seru Menko Polhukam. (awj/rl)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Hadiri IDF 2019, Herman Deru Harapkan Daerah Lebih Kreatif

Jakarta, KoranSN Indonesia Development Forum (IDF) Tahun 2019 yang digelar Kementerian PPN/Bappenas RI bersama Pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.