Home / Politik dan Pemerintahan / Herman Deru Ajak Warga Komering Lestarikan Kearifan Lokal

Herman Deru Ajak Warga Komering Lestarikan Kearifan Lokal

Sukseskan MXGP Indonesia di Palembang, Indonesia

Syukuran Hari Jadi Kota Palembang ke 1336 Tahun

Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Gubernur H. Herman Deru saat menyampaikan sambutan ketika mengukuhkan kepengurusan Gunung Terang (Gunter) Iwari Periode 2019-2022.(foto-humas pemprov palembang)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menaruh harapan besar pada warga Komering yang tergabung dalam organisasi kerukunan warga komering Gunung Terang (Gunter) IWARI. Terutama dalam hal melestarikan kearifan lokal seperti adat istiadat, bahasa dan kebudayaan.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur H. Herman Deru saat menyampaikan sambutan ketika mengukuhkan kepengurusan Gunung Terang (Gunter) Iwari Periode 2019-2022 yang sekaligus dikemas dalam halalbilhalal mengambil tema “Gunter Iwari Pok Ram Buhimpun Rik Silaturahmi” yang dipusatkan di Gedung Patra Ogan Komplek Pertamina Plaju, Selasa (11/6/2019).

“Saya menaruh harapan besar pada organisasi ini. Untuk menjadi benteng mempertahankan kebudayaan, adat dan bahasa. Terlebih di tengah derasnya arus modrenisasi. Jika tidak kita lestarikan, bukan tidak mungkin apa yang kita khawatirkan akan terjadi. Generasi kedepan lupa dengan akar budayanya,” tegas Gubernur.

Baca Juga :   Alex Noerdin Dianugerahi Kartika Satya Utama FKPPI

Lebih lanjut gubernur mengajak warga komering untuk bersatu dalam keberagamaan. Menurut dia Suku komering memiliki identitas tersendiri yakni dikenal dengan sikap tegas dan kerasnya. Meski demikian tetap lembut dan mudah menerima perbedaan di tengah keberagaman suku dan ras.

“Kita bangga sebagai orang komering. Oleh karena itu jangan malu dengan apa yang dimiliki, misalnya adat, budaya dan bahasa kita itu mari dipertahankan,” tambahnya.

Terkait dengan pelantikan kepengurusan Gunung Terang (Gunter) Iwari Periode 2019-2022. Herman Deru mengharapkan kepengurusan yang baru dapat membuat sebuah aturan baku yang mengatur tentang hal yang terkait dengan pesta adat dan meminta organisasi ini dapat memberikan kemaslahatan bagi anggotanya baik berada diperantauan terlebih bagi yang ada di kampung halaman.

Baca Juga :   Dua Daerah Siap Bayar Gaji Guru Honorer

“Saya mendengar juga di luar Provinsi banyak organisasi Komering tidak hanya di Sumsel. Karena itu mari kita pupuk rasa cinta ini, kita harus bangga sebagai orang komering,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Gunter Iwari, H Azuar Fazar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang dapat hadir pada pengukuhkan kepengurusan Gunung Terang (Gunter) Iwari Periode 2019-2022 yang sekaligus dikemas dalam halalbilhalal. Dengan harapan melalui acara tersebut dapat meningkatkan keakraban dan kebersamaan antar sesama orang komering.

“Momen ini penting untuk mengeratkan silaturahmi dan saling memaafkan,” ucapnya.

Dilain pihak Ketua Gunter Iwari terpilih periode 2019-2022, Akhmad Damiri Samsudin menyebutkan sebuah penghargaan sangat tinggi kepada Gunter Iwari. Karena pelantikan ini dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dan juga di hadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. Dia mengingatkan generasi penerus untuk memajukan Gunter Iwari. (awj/rl)

Iklan Warung Seblak Dadaan Sunda di Citimall Lahat

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gubernur Tugaskan Pengurus yang Baru Dilantik Hidupkan Kembali 10 Program Pokok PKK

Palembang, KoranSN Meski terkesan jadul dan kuno, Gubernur Sumsel H.Herman Deru meminta agar pengurus TP …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.