Home / Headline / Herman Deru Komitmen Larang Truk Batubara

Herman Deru Komitmen Larang Truk Batubara

Sukseskan MXGP Indonesia di Palembang, Indonesia



Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Banyuasin

Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Gubernur Sumsel Herman Deru, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan Sekda Sumsel Nasrun Umar saat berbincang. (Foto-Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, KoranSN

Gubernur Sumsel Herman Deru komitmen dengan salahsatu janji kampanye tentang pelarangan truk batubara melintasi jalan umum. Dalam waktu dekat, ia akan berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk mengevaluasi izin angkutan batubara.

“Segera (larang truk batubara melalui jalan umum), tetap itu menjadi program saya, nanti akan dirapatkan secara khusus dengan Dishub, kepolisian, dan ESDM. Pertama saya mau tahu izinya berlaku kapan, dan kapan dikeluarkan,” ungkap Deru, Rabu (3/10/2018).

Ia memastikan, pelarangan truk batubara melintasi jalan umum dilakukan dalam waktu dekat. Namun, sebelum itu dilakukan, ia mengimbau pengusaha angkutan batubara secara sadar tidak melintasi jalan milik masyarakat.

Baca Juga :   Pahri Azhari di Rutan Pakjo, Lucianty 'Menginap' di Merdeka

“Tolong sampaikan ke pengusahan batubara, pakailah jalan khusus, jangan pakai jalan masyarakat sebelum saya cabut dispensasinya,” tegas mantan Bupati OKU Timur ini.

Deru mengatakan, segera memanggil pengusaha angkutan batubara untuk meminta penjelasan mengapa mereka enggan melewati jalur khusus batubara yang sudah ada.

“Nanti akan saya panggil, mengapa orang tidak banyak melalui itu (jalur khusus), apakah alasan teknis atau tarif, kalau tarif, Servo tidak bisa menentukan sendiri,” ujarnya.

Selain truk batubara, Deru juga menyoroti seringnya terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel. Kedepan, ia berencana menjadikan lahan rawa yang kerap terbakar menjadi sawah yang produktif.

Baca Juga :   Hindari Pejalan Kaki Gadis Manis Jatuh Terlindas Truk

“Soal Karhutla ini, kalau kita perhatikan lahan-lahan yang terbakar itu tidak produktif, maka kedepan kita akan produktifkan, yang rawa-rawa itu kita jadikan sawah, dan itu tidak mengganggu kepemilikan, pemerintah akan bantu untuk membukanya menjadi sawah,” pungkas Deru. (awj)

Iklan Warung Seblak Dadaan Sunda di Citimall Lahat

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Lima KPU Palembang Ditetapkan Tersangka, Pengamat Politik Bagindo Togar Minta Lima Hal untuk Dicermati

  Palembang, KoranSN Pengamat Politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri) ikut berkomentar terkait di tetapkannya lima …