Herman Deru Perintahkan Gerak Cepat Bantu Korban Banjir

Tampak H Herman Deru merangkul warga Lahat yang menjadi korban banjir. (foto-humas pemprov)

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sejak dari awal sudah mengingatkan para kepala daerah Bupati dan Walikota untuk mewaspadai kemungkinan akan terjadinya bencana banjir tanah longsor atau bencana alam lainnya. Menyusul tingginya intensitas hujan dalam beberapa pekan terakhir yang mengguyur sejumlah daeah di Sumsel.

Bahkan Gubernur Sumsel H Herman Deru juga telah menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada para kepala daerah secara khusus untuk melakukan upaya antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang kemungkinan akan terjadi.

Adapun dalam kasus bencana banjir dan tanah langsor yang terjadi di Kabupaten Lahat, Minggu (29/12/2019) beberapa waktu lalu, Gubernur H Herman Deru bersama forkopimda sudah meninjau secara langsung desa yang kena dampak banjir termasuk melihat dari dekat putusnya jembatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat.

Baca Juga :   Pusri Peduli Pendidikan dan Pelatihan

Sementara untuk banjir yang terjadi Kamis (9/1/2020) dinihari di Lahat juga mendapatkan respon cepat. Gubernur begitu mendapat kabar langsung memerintahkan BPBD untuk melakukan pengecekan ke lokasi dan segera melakukan evakuasi warga.

Berselang beberapa jam kemudian pada Jumat (10/1/2020) pagi, Gubernur H Herman Deru melepas keberangkatan tim Satgas Tanggap Bencana untuk memberikan bantuan kepada para korban. Tim yang terdiri dari Sat Pol PP dan petugas kesehatan tersebut juga membawa sejumlah bantuan untuk diberikan pada warga yang menjadi korban banjir.

“Saat masyarakat kita (Sumsel) tertimpa musibah apalagi bencana alam seperti ini tidak harus menunggu instruksi gubernur. Langsung jalan saja, berikan saja bantuan yang mampu kita berikan, minimal berikan doa. Bayangkan jika itu terjadi sama kita,” kata HD, saat melepas langsung Tim Satgas Tanggap Bencana untuk Kabupaten Lahat.

Baca Juga :   Safety Riding Edukasi Siswa SMA/SMK Nurul Ilmi Banyuasin

Menurutnya, setiap saat petugas yang tergabung dalam Tim Satgas yang terdiri dari Sat Pol PP, Dinas Sosial dan BPBD yang diberangkatkan tersebut bukan saja memberikan bantuan secara fisik belaka, namun juga yang terpenting bagaimana memulihkan psikologi korban khususnya bagi kalangan anak-anak.

“Kita harus siap menjadi insan yang selalu membantu. Bukan material yang diberikan kita hitung, itu tidak terbatas kita berikan. Seratus kali pun akan kita kirimkan bantuan material itu. Bila perlu baju di badan pun kita lepas dan jual untuk saudara kita yang terkena musibah tersebut,” tandas Herman Deru. (adv)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bank Sumsel Babel Kurbankan 20 Ekor Hewan Kurban

SEBAGAI wujud rasa syukur dan ketaatan kepada Allah SWT, pada perayaan Idul Adha 1441 H …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.