Senin , Februari 18 2019
Home / Gema Sriwijaya / Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Lahat Peringati Hari Pancasila

Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Lahat Peringati Hari Pancasila

Memperingati Hari Pancasila HIMAPELA serta anak-anak jalanan mengadakan long march. (Foto-Robby/Koransn)

Lahat, KoranSN

Dalam Rangka memperingati Hari Pancasila ke-73, Jumat (1/6/2018) Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Lahat (HIMAPELA) serta anak-anak jalanan mengadakan long march dari PTM Square ke titik nol Kabupaten Lahat yang bertepat di kawasan Pasar Lematang Lahat.

Ketua Umum KMKA, Sundan Wijaya yang mewakili mahasiswa mengatakan, kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian terhadap keadaan bangsa saat ini, dimana Pancasila sudah tidak di aplikasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Cici Korban Lion Air JT 610 Teridentifikasi, Ingin Dimakamkan di Sebelah Makam Suaminya di PALI

“Pancasila sekarang hanya sekedar tradisi yang dilaksanakan di upacara – upacara bendera setiap hari senin di sekolah,” katanya.

Ditambahkan, terlibatnya pelajar dengan mahasiwa hari ini untuk mengingatkan kembali sejarah, karena Soekarno pernah mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarahnya sendiri.

“Dihari inilah kami mahasiswa dan pelajar berharap bahwa pemuda di zaman era melenial sadar akan tanggung jawabnya dalam merawat bangsa dan negara,” harapnya.

Saat ditanya soal pemerintah Kabupaten Lahat, ia memberikan suatu refleksi terhadap pemerintah khususnya untuk dunia pendidikan. Karena disadari atau tidak, pendidikan sudah menjadi ajang bisnis untuk golongan tertentu, sehingga sila ke-5 yang mencerminkan Keadialn Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia terkikis dengan sendirinya.

Baca Juga :   Nopran Marjani Kunjungi Warga Desa Purworejo Kikim Timur

“Semoga dengan hari ini bisa mengingatkan pejabat di lingkungan pemeritahan daerah bahwa mereka di sumpah dengan UUD 1945,” ungkapnya.

Sementara perwakilan pelajar sangat bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini berlanjut tidak hanya batas pada hari Pancasila saja. (rob)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Polres Mura Siap Kawal Pengambilan Surat Suara

Musirawas, KoranSN Jajaran Polres Mura bersama dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Mura dan Muratara melaksanakan ...