Home / Gema Sriwijaya / Hindari Calo Saat Membuat SKCK

Hindari Calo Saat Membuat SKCK

KASAT---edit

Palembang,KoranSN
Untuk lebih mempermudah masyarakat dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan tak melalui calo, Satuan Intekam Polresta Palembang, Rabu (6/4/2016) melakukan sosialisasi tata cara pembuatan SKCK kepada masyarakat yang tengah melakukan pembuatan SKCK.

Kasat Intelkam Polresta Palembang Kompol Budi Santoso SIk mengatakan, hal ini sengaja dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui prosedur pembuatan atau perpanjang SKCK, dan tak memilih calo untuk melakukannya.

“Lebih baik mengurus sendiri dengan datang ke Polresta, karena semua syarat dan ketentuan yang berlaku sama sekali tak menyulitkan dan harganya hanya Rp 10 ribu, dibading minta diurusin sama calo, beberapa kali lipat kita harus mengeluarkan dan untuk buat SKCK,” katanya.

Baca Juga :   Lengkapi Berkas Ketua DPRD Muba, Anggota Dewan Diperiksa KPK

Saat disinggung apakah sampai saat ini Polresta Palembang terindikasi adanya calo dalam pembuatan SKCK, Budi menegaskan jika menurutnya sampai sekarang ini Polresta Palembang tak ada indikasi pencaloan terutama untuk SKCK.

“Jika ada yang ketahuan atau laporan dari masyarakat yang mengatakan ada oknum terlibat dalam pencaloan, akan saya sidak dan yang pasti ada kosekuensinya,” tegasnya Dijelaskannya, adapun syarat penerbitan SKCK baru diantaranya; foto copy Ijazah terakhir, KK, sidik jari dari Satreskrim, surat rekomendasi catatan kriminal Polsek setempat dan
membawa pas foto berwarna 4X6 sebanyak 4 lembar

Baca Juga :   Tingkatkan Pendidikan Melalui Muara Enim Cerdas

“Sedangkan untuk syarat perpanjangan, SKCK masa berlaku maksimal 2 tahun. Warga juga harus membawa foto copy KTP dan pas foto. Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBK) untuk penerbitan SKCK ini yakni Rp 10 ribu. Saat membuat SKCK warga juga mesti melakukan mekanisme pengisian blangko yang disediakan petugas, serta saat mengambil SKCK juga harus melalui mekanisme pengambilan di loket resmi yang ada di Polresta Palembang,” paparnya. (den)

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.