HSN, Santri OKI “Unjuk Gigi”

Suasana atraksi yang diperagakan para santri dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat kabupaten di halaman Pemda OKI. (Foto-Maniso/KoranSN)

Kayuagung, KoranSN

Berbagai atraksi menarik dipertontonkan para santri dan santriwati di Kabupaten OKI. Mereka unjuk gigi di momen peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat kabupaten kemarin di halaman Pemda OKI.

Atraksi itu diantara bernama bambu gila dan tiup mata yang ditonton banyak orang. Husnan Daroini selaku Pimpinan Pesantren Darul Huda 99 Desa Muara Burnai Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI menerangkan, atraksi yang diperlihatkan tersebut tak lain merupakan hiburan dalam peringatan HSN.

“Dari beberapa atraksi memang butuh keahlian khusus, tapi dengan dilatih semuanya bisa. Syaratnya, masuk pesantren dulu,”ujarnya. Menurutnya, hampir setiap pesantren mempunyai ciri khas khusus yang mencirikan pesantren itu sendiri.

Baca Juga :   Bocah Lima Tahun Disunat Jin, Warga Pendopo Gempar

Pimpinan Pondok Pesantren Tauhidil Muchlisin Yuris Palimbani SH atau yang akrab disapa Abah Yuris menambahkan, setiap permainan selain menunjukkan ciri dari pesantren juga ada makna tersendiri yang ketika dilihat memang terlihat agak aneh.

“Permainan bambu gila misalnya, ini menunjukkan bahwa ini bambu biasa tapi bisa dikendalikan. Ini bisa dimaknai bahwa bambu saja bisa dikendalikan, apalagi manusia,”terangnya.

Sekda OKI H Husin SPd MM mengatakan, HSN dengan tema ‘Bersama Santri Damailah Negeri’ ini diharapkan para santri dapat menjadi vokal untuk mempersatukan umat-umat di Indonesia, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai Pancasila dan rasa kebhinekaan.

Baca Juga :   Pemkab OKI Mulai Salurkan Bansos Corona Tahap 2, Penerima Diperluas

“Kalau ini diamankan kita tidak akan menemukan gerakan yang mengarah ke radikal,”kata Husin.

“Ini jadi momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi islam di Indonesia, dengan karakter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air,”tandasnya. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Gugatan Dikabulkan MA, Ilyas-Endang Kembali Jadi Peserta Pilkada OI 2020

Indralaya, KoranSN Polemik Pilkada Ogan Ilir (OI) hampir satu bulan ini akhirnya terjawab sudah, ditandai …