Minggu , Februari 17 2019
Home / Kota Musi / Hujan di Sumsel Dampak Akhir Badai Tropis Mangkhut

Hujan di Sumsel Dampak Akhir Badai Tropis Mangkhut

Tampak hujan deras yang mengguyur kota Palembang. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Hujan yang mengguyur Kota Palembang dan sejumlah daerah di Sumsel sejak dua hari belakangan ini dikarenakan dampak dari berakhirnya Badai Tropis Mangkhut di Australia. Demikian dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Kenten Palembang Nandang, Jumat (21/9/2018).

Menurutnya, Sebab dengan berakhirnya badai tersebut membuat terjadinya perubahan pola cuaca yang ditandai turut melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia. Sehingga menyebabkan sejumlah provinsi di Indonesia termasuk Provinsi Sumsel terjadi hujan dengan intensitas yang cukup deras.

“Hujan yang terjadi di Palembang dan Sumsel selama dua hari belakangan ini memiliki intesitas 10 mm – 20 mm. Hujan tersebut terjadi dampak dari berakhirnya Badai Tropis Mangkhut. Sebab, untuk awal musim hujan di Provinsi Sumsel sendiri diprediksi baru akan terjadi di Bulan Oktober – November 2018,” katanya.

Baca Juga :   PKC PMII Sumsel Resmi Dilantik

Dijelaskannya, bahkan dampak dari berakhirnya Badai Tropis Mangkhut tersebut juga membuat terjadinya pola sirkulasi siklonik di sekitar Laut Cina Selatan, peningkatan kelembapan udara yang basah di lapisan atmosfer serta terjadinya belokan arah angin dan juga perlambatan kecepatan angin pada lapisan atmosfer bagian bawah, sehingga mengakibatkan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di sejumlah provinsi di Indonesia.

“Kondisi dinamis atmosfer tersebutlah meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat, petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Sumsel. Bukan hanya itu, hal ini juga berpotensi terjadinya gelombang tinggi diperairan.

Baca Juga :   Kunjungi Hanura Susno Minta Dicarikan Cawagub

Lanjutnya, dengan adanya cuaca yang saat ini terjadi di Sumsel dan Kota Palembang maka pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap cuaca hujan yang terjadi saat ini.

“Warga kami himbau waspada dan hati-hati, sebab hujan yang deras dan disertai angin kencang ini dapat menimbukan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, puting beliung, angin kencang dan juga pohon tumbang,” tandasnya.

Seperti diketahui, hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kota Palembang sejak Kamis kemarin (20/9/2018) hingga Jumat (21/9). Bahkan akibat hujan dengan intesitas tinggi tersebut sempat membuat sejumlah lokasi di jalan protokol di Kota Palembang terendam banjir. (ded)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Safari Jumat di Bukit Baru, Herman Deru Ngaku Iba dengan Wako Palembang

Palembang, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengaku iba melihat Walikota Palembang, Harnojoyo. Hal ...