Home / Editorial / Hujan Sebentar Banjir, Bagaimana Ini?

Hujan Sebentar Banjir, Bagaimana Ini?

jalan bukit besar tergenang banjir
BANJIR-Tampak banjir di Jalan Jaksa Agung R Suprapto Bukit Besar. FOTO-FERDINAND/KORANSN

DI Kota Palembang musim penghujan  biasanya dibarengi dengan naiknya air, atau yang disebut warga dengan air pasang naik. Naiknya air ini tentu saja sangat berpengaruh dengan kehidupan masyarakat yang tinggal bermukim dan beraktifitas di sekitar sungai terutama Sungai Musi, atau tak jauh dari sungai.

Tetapi kita tak bisa berpangku  tangan dan menerima saja kondisi ini. Pemkot Palembang diminta sigap mengatasi ini, jangan sampai banjir makin parah. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti, mencegah penimbunan rawa,  memperbaiki drainase, membuat sistem pompa, menambah daerah resapan, dan membersihkan sampah dari gorong-gorong.

Baca Juga :   Berkah Ramadhan Tak Kan Pernah Putus

Sebagai catatan, warga Palembang sudah sangat terbiasa dengan banjir dan air pasang. Biasanya warga telah mengantisipasi sendiri untuk memperkecil efek buruk banjir dan air pasang.

Naiknya air  Sungai Musi disebabkan pasang laut, yang disebabkan pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari.

Tentu saja warga yang tinggal di sekitar atau tak jauh dengan Sungai Musi mulai mengantisipasi, kalau-kalau terjadi hal yang lebih parah. Untuk diketahui, saat ini permukaan Sungai Musi sudah cukup tinggi.

Kondisi dimana hujan sebentar saja langsung banjir, harus diantisipasi sejak dini. Pemkot harus siaga melakukan langkah bijak. Karena kalau dibandingkan tahun-tahun yang lalu, kondisi banjir makin parah.

Baca Juga :   Korupsi di Muba dan Tantangan Untuk Penegak Hukum

Pemerintah diharapkan juga cepat sigap dan melakukan antisipasi untuk kondisi ini. Jangan sampai saat efek terburuk sudah terjadi, baru melakukan gerakan. Saat ini belum terlambat untuk melakukan sesuatu. (Agus Harizal)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Pengabdian Tanpa Akhir Sang Mantan Gubernur Sumsel

  Oleh Zulkarnain Alregar KETIKA pertama kali Provini Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga …

Satu Komentar

  1. Avatar
    johansyah yusuf

    Ahok mano ahokkk….
    Eeehh salah,
    Alex mano alexxx…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.