Hujan Sebentar, Palembang Terendam Banjir

 Foto Ferdinand/koransn
Hujan deras yang mengguyur kota Palembang selama hampir satu jam membuat beberapa lokasi di Kota Palembang kembali terendam air. Tampak beberapa pengendara motor nekat menerobos banjir yang menggenangi kawasan sekip pangkal Palembang, Selasa (25/10).- Foto Ferdinand/koransn

Palembang, KoranSN

Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi mengguyur Kota Palembang dan sekitarnya dalam beberapa akhir ini, membuat beberapa kawasan, seperti Jalan Jendral Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien, Sekip serta beberapa titik kawasan di Palembang lainnya terendam banjir hingga selutut orang dewasa.

Menurut pantauan Suara Nusantara, Selasa (25/10/2016), banjir yang terjadi di beberapa kawasan tersebut juga menyebabkan terjadinya kemacetan. Seperti yang diungkapkan salah satu warga, Dian (32), dia mengeluhkan keadaan yang membuat sepeda motor yang dikendarainya harus mogok di tengah jalan, karena harus melewati genangan air yang berada di Jalan Jendral Sudirman.

“Hujannya sebentar, tapi memang lumayan deras. Motor aku mogok di tengah jalan, karena harus melewati banjir ini. Mano macet, rame pulo. Kapanlah Palembang ni biso benar-benar bebas dari banjir, padahal ini di tengah kota loh,” katannya.

Sementara itu, Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumatera Selatan, Indra Purna menjelaskan, peningkatan intensitas curah hujan ini sudah terjadi sejak awal bulan Agustus lalu. Namun, dia mengakui intensitas curah hujan yang terjadi dibulan Oktober ini memang jauh dari perkiraan seperti biasanya.

Baca Juga :   Hotel Grand Inna Daira Diserang Teroris, Pengunjung Disandera Pelaku Bersenjata Api

“Biasanya di Sumsel curah hujan akhir Oktober dalam memasuki bulan November ini memang tinggi, berkisar antara 200 hingga 300 mm. Tapi untuk kali ini, kita akui curah hujannya memang dua kali lipat dari itu,” terangnya.

Menurut Indra, kemungkinan cuaca seperti akan terjadi hingga akhir November nanti. Tetapi tidak menutup kemungkinan dalam kurun waktu tiga bulan kedepan, cuaca seperti ini akan terus terjadi.

“Untuk hari ini (kemarin) saja, curah hujan yang turun itu sekitar 20 mm per jamnya, oleh karena itu, tidak heran meskipun hujan terjadi beberapa jam, sudah menyebabkan banjir di beberapa wilayah Palembang,” katanya.

Baca Juga :   Ayahanda Kapolri Tutup Usia, Puluhan Polisi Bersiaga di Rumah Duka

Untuk itu, pihaknya kembali memyampaikan peringatan kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Palembang agar tetap berhati-hati dengan kemungkinan musibah yang akan terjadi akibat dari cuaca ekstrem ini.

“Secara klimatologi, kewaspadaan terhadap terjadinya banjir dibeberapa daerah harus lebih ditingkatkan, terutama untuk pemukiman yang ada di bantaran sungai, ditakutkan terjadi luapan dari air sungai. Selain itu, untuk Sumsel secara umumnya patut mewaspadai terjadinya longsor, angin kencang dan petir juga perlu diantisipasi seperti dengan memangkas pohon-pohon tua yang besar kemungkinan akan roboh dan menimpa warga,” pungkasnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Sopir Taksol Dikeroyok di Dalam Polrestabes Palembang

Palembang, KoranSN Indra (40), warga D2 Bukit Dusun 4 Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin yang merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.