HUT RI ke-73, Bupati PALI Ajak Warga Jaga Persatuan dan Kesatuan

Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo MM ketika menyerahkan bendera kepada Paskibraka saat menjadi Irup di Kecamatan Abab. (Foto-Anas/KoranSN/Istimewa)

UPACARA detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten PALI, Jumat (17/8) berlangsung sukses dan khidmat. Pelaksanaannya sendiri berlangsung di dua tempat, yakni; di Kecamatan Abab dengan tempat pelaksanaan di halaman Kantor Camat Abab, serta di Kecamatan Talang Ubi dengan tempat pelaksanaan di Gelora November Komperta Pendopo.

Untuk di Kecamatan Abab, yang menjadi inspektur upacara adalah Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo. Sementara yang menjadi inspektur upacara di Kecamatan Talang Ubi yakni Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony SKom MM.

Selain jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tampak pula hadir Unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) di lingkungan Kabupaten PALI, seperti jajaran DPRD Kabupaten PALI, TNI, Polri, Kejaksaan, BUMD, Perusahaan Swasta, Ormas serta Organisasi Kepemudaan di lingkungan Kabupaten PALI.

Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo mengungkapkan, detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia harus dimaknai sebagai bersatunya para pejuang Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah pada saat itu.

Baca Juga :   Komisi II Minta Disdagprin Serius Tangani Masalah Kelangkaan Gas Melon

“Tentu hal ini yang harus selalu kita kenang, bagaimana mereka (para pahlawan) tidak segan-segannya menumpahkan darah mereka, bahkan meski harus kehilangan nyawa sekalipun untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang merdeka. Semangat ini yang harus kita jaga, semangat persatuan dan kesatuan,” ungkap suami dari Hj. Sri Kustina itu.

Ia berharap, dengan berlandaskan semangat persatuan dan kesatuan di masyarakat Kabupaten PALI bisa mempercepat pembangunan yang merata di Bumi Serepat Serasan menuju PALI Serasi NIA (Sentra Ekonomi Rakyat Agamis Sejahtera Inovatif Nyaman Indah dan Aman).

Petugas Paskibraka saat mengibarkan Bendera Merah Putih HUT RI ke-73 di PALI.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati PALI menegaskan siap menyukseskan gelaran Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta-Palembang.

“Kepada para atlet, berjuanglah untuk mencapai puncak tertinggi prestasi demi mengharumkan nama bangsa di mata Internasional. Serta berharap pelaksanaan Asian Games tidak hanya sukses acara, tetapi juga sukses prestasi dan sukses ekonomi pembangunan bagi Indonesia,” tutupnya seraya mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-73, Kerja Nyata Prestasi Kita, Merdeka.

Baca Juga :   Diduga Bagi Sembako, Timses Dikeroyok Warga

Sementara itu, di tempat terpisah Wakil Bupati PALI, Ferdian Andreas Lacony mengatakan, momentum Hari Kemerdekaan ke-73 dimaknai sebagai tanda untuk mengenang sejarah bahwa Republik Indonesia didirikan atas jasa para syuhada, pejuang dan pahlawan yang telah gugur di medan perang.

“Sebagai penerus bangsa, kita wajib untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah final ini, berlandaskan Pancasila dan UUD serta dan Bhineka Tunggal Ika,” ungkap Politisi PDI Perjuangan itu.

Sebagai informasi, dalam rangka menghormati para pejuang veteran di Kabupaten PALI, pihak Pemkab PALI memberikan penghargaan terhadap para pejuang veteran serta istri veteran yang ada di Kabupaten PALI dengan cara memberikan bantuan kepada mereka. Disamping itu, ada pula kegiatan bedah rumah kepada warga PALI di Desa Betung Kecamatan Abab. (ans)

Wabup PALI, Ferdian Andreas Lacony SKom MM menyerahkan bendera saat menjadi Irup di Kecamatan Talang Ubi.
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Plh Bupati Muara Enim Dampingi Gubernur Resmikan Program Infrastruktur Sumsel dan PLTS Tanjung Raja

PLH Bupati Muara Enim, Dr H Nasrun Umar SH MM mendampingi Gubernur Sumatera Selatan, H …