Home / Advetorial / Idul Adha 1440 H di Pagaralam Diperingati Penuh Khidmat

Idul Adha 1440 H di Pagaralam Diperingati Penuh Khidmat

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH foto bersama usai Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 Hijriah. (foto-asnadi/koransn)

HARI Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 Hijriah ditetapkan serentak diperingati Ahad, 11 Agustus 2019 Masehi. Pemerintah Kota Pagaralam menggelar Shalat Ied di tiga tempat, yakni di Masjid Al Akbar Gunung Gare kawasan MTQ Gunung Gare, Lapangan Merdeka Alun-alun Utara dan Lapangan Alun-Alun Selatan Terminal Nendagung.

Setelah melaksanakan Shalat Ied di lapangan Alun-alun Selatan dan open house, Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH berkurban satu ekor sapi yang dipotong di Masjid Dusun Tegur Wangi Baru Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara.

Pemotongan hewan kurban ini dilakukan setelah pelaksaan Sholat Ied. Setelah dipotong, daging hewan kurban ini dibagi-bagikan kepada masyarakat, terutama yang membutuhkan. Hal ini bagi Wako Alpian merupakan wujud dari salahsatu filosofi peringatan Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga :   DPRD Empat Lawang Kurbankan 2 Ekor Sapi

“Lebih bagaimana kita untuk berbagi kepada sesama. Sebab berkurban bukan sekedar memotong hewan kurban. Inti dari berkurban adalah untuk menumbuhkan keikhlasan dan kerelaan,” paparnya.

Sementara Wakil Walikota Pagaralam, Muhammad Fadli SE yang melaksanakan Shalat Ied di lapangan Merdeka Alun-alun Utara, juga berkurban seekor sapi. Pemotongan hewan kurban dilaksanakan di Rumah Dinas (Rumdin).

“Tiap tahun keluarga pasti kurban 1 ekor sapi. Biasanya, kami potong di rumah, terus kami bagi-bagikan ke masyarakat sekitar rumah, yang dianggap layak mendapatkan. Dan ini sudah menjadi suatu tradisi sejak dahulu,” ujar Fadli.

Khusus tahun ini kata Fadli, dirinya berencana melakukan pemotongan hewan kurban di Rumdin Wakil Walikota. Tentunya sasaran dari pembagian daging kurban lebih diprioritaskan untuk warga sekitar yang kurang mampu dan membutuhkan.

Baca Juga :   Citimall Buka Peluang Bisnis di Prabumulih, Lahat & Baturaja

“Kita perhatikan dulu warga sekitar Rumdin dan sekitar kediaman, selebihnya daging kurban akan kita sebar lagi. Idul Adha ini momen berbagi dengan sesama, kita menyisihkan rezeki buat berbagi,” ungkapnya.

Lebih jauh Fadli menambahkan, jika daging hewan kurban dapat terbagi ke warga yang berhak mendapatkannya.

“Kita berharap daging kurban ini bisa tersalur ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Momen kurban tidak hanya momen mendekatkan diri dengan Allah SWT, tapi menjadi momen berbagi dengan sesama,” ujarnya.

Sementara Sekda Pemkot Pagaralam, Drs H Safrudin MSi yang melaksanakan Shalat Ied di lapangan Masjid Al Akbar kawasan MTQ Gunung Gare bersama Ketua DPRD Pagaralam, Ruslan Abdul Gani SE, tokoh agama dan perangkat Forkopimda mengucapkan selamat Idul Adha 1440 Hijriah.

“Semoga pengorbanan amal ibadah kita diterima Allah SWT, menjadikan kita selalu bertakwa dengan menjalankan segala perintahnya,” pungkasnya. (asn/adv)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kabupaten Lahat Jadi Tuan Rumah Piala Soeratin U-17 Tahun 2019

KABUPATEN Lahat tahun ini menjadi tuan rumah Pertandingan Sepakbola Piala Soeratin U-17 antar Kabupaten/Kota di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.