Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Gema Sriwijaya / Ikuti Seminar Nasional Pendidikan

Ikuti Seminar Nasional Pendidikan

Ketua Tim penggerak PKK, Hj Rita Devi Suhartoni dan Kabid Paud, Yuli foto bersama dengan Mendiknas Muhadjir Effendi pada acara seminar pendidikan. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas Utara, Hj. Rita Devi Suhartoni sangat aktif dalam peran sertanya membangun Kabupaten Muratara. Kali ini Bunda Hj. Rita mengikuti Seminar Nasional Pendidikan Keluarga di Solo selama tiga hari yakni, 21-23 Mei 2017.

Dengan menggunakan batik dan selalu tampil muslimah, Hj. Rita Devi Suhartoni menyimak pengarahan Menteri Pendidikan Nasional, Muhadjir Effendy pada acara seminar pendidikan keluarga bertempat di the Sunnan Hotel Solo, Minggu (21/5/2017).

Kedatangan isteri Wakil Bupati Musi Rawas Utara, Hj. Rita Devi Suhartoni tidak sendirian, yakni didampingi Kabid Paud Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas Utara, Yuli. Dalam sela-sela acara, tim humas berbincang-bincang dengannya, khususnya oleh-oleh apa setelah mengikuti seminar nasional yang diikuti seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, Kota maupun Kabupaten.

Dengan ramah, bunda Rita menyampaikan kegiatan ini penting, yakni dimana peran PKK dalam memajukan dunia Pendidikan. Dikatakannya pendidikan itu tidak hanya di sekolah saja, namun juga peran serta keluarga yakni orang tua dalam menumbuhkan  karakter dan budaya prestasi anak.

“Anak adalah individu yang unik. Banyak yang mengatakan bahwa anak adalah miniatur dari orang dewasa. Padahal mereka betul- betul unik. Mereka belum banyak memiliki sejarah masa lalu. Pengalaman mereka sangat terbatas. Di sinilah peran orang tua yang memiliki pengalaman hidup lebih banyak sangat dibutuhkan membimbing dan mendidik anaknya,” jelas Rita.

Baca Juga :   PPK Input Data Hasil Coklit

Rita juga mengajak para orang tua untuk sejak dilahirkan mengasuh dengan kasih sayang, memelihara kesehatan anak, dan  memberi alat-alat permainan dan kesempatan bermain.

Lalu sebutnya, menyekolahkan anak sesuia dengan keinginan anak, memberikan pendidikan dalam keluarga, sopan santun, sosial, mental dan juga pendidikan keagamaan serta melindungi tindak kekerasan dari luar. Dan juga memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan dan berpendapat sesuai dengan usia anak.

“Nah atas dasar itu orang tua yang bijaksana akan mengajak anak sejak dini untuk berinteraksi denagn lingkungan sekitar. Saat itulah pendidikan karakter diberikan. Mengenal anak akan perbedaan di selilingnya dan dilibatkan dalam tanggung jawab hidup sehari-hari, merupakan sarana anak untuk belajar menghargai perbedaan di sekelilingnya dan mengembangkan karakter di tengah berkembangnya masyarakat. Pada tahap ini orang tua dapat mengajarkan nilai- nilai universal seperti cara menghargai orang lain, berbuat adil pada diri sendiri dan orang lain, bersedia memanfaatkan orang lain,” ungkapnya.

Baca Juga :   Terganjal Dana Operasional, Pilkades di 48 Desa Diundur

Sambungnya, bapak ibu sebagai orang tua anak, adalah contoh keteladanan dan perilaku bagi anak. Oleh karena itu orang tua harus berperilaku baik, saling asih, asah dan asuh. Ibu yang secara emosional dan kejiwaan lebih dekat dengan anaknya harus mampu menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya baik dalam bertutur kata, bersikap maupun bertindak.

Dia juga mewanti-wanti peran ibu dalam pembentukan karakter ini demikian besar, sehingga ada pepatah yang mengatakan bahwa wanita adalah tiang negara. Manakala wanitanya baik maka baiklah negara. Manakala wanitanya rusak, maka rusaklah negara.

Sementara itu sang bapak sebagai kepala keluarga juga harus mampu menajdi teladan yang baik. Karena ayah yang terlibat hubungan dengan anaknya sejak awal akan mempengaruhi perkembangan kognitif, motorik, kemampuan, menolong diri sendiri, bahkan meningkatkan kemampuan yang lebih baik dari anak lain.

“Dengan berkaca pada kondisi saat ini, sudah saatnya orang tua sekarang mengambil peran lebih untuk mengembangkan karakter dan memberi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal agar anak menjadi manusia berkualitas,” pungkasnya. (rel/snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemuda IKM Juara Serasan Soccer League Festival 2019

Muara Enim, KoranSN Klub sepakbola Pemuda Ikatan Keluarga Minang (IKM) berhasil menyabet Juara Pertama pada …