Rabu , Desember 12 2018
Home / Gema Sriwijaya / Imlek di Prabumulih Ramai

Imlek di Prabumulih Ramai

Warga Tionghoa menjalankan ibadah di Klenteng. (foto-andi fatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Suasana di tiga vihara di Kota Prabumulih ramai oleh warga Tionghoa yang merayakan Imlek (tahun baru cina). Tiga vihar tesebut yakni Vihara Prajna Maitreya bertempat di Kelurahan Pasar I, Klenteng Po Chin Bio di Prabu Jaya dan Vihara Vajra Bhumi di Kelurahan Gunung Ibul Barat.

Pandita Vihara Prajna Maitreya, Ali menjelaskan, perayaan imlek diawali dengan memanjatkan doa tutup tahun. Sebagai bentuk rasa syukur warga Tionghoa atas berkah kepada sang pencipta. Dilanjutkan upacara puja bakti atau pemberian persembahan berupa buah dan lain-lainnya. Terakhir, ditutup dengan doa selamat Imlek. Di tahun anjing ini, warga Tionghoa berharap diberikan keberkahan dan rezeki oleh sang budha dan para dewa lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Warga OI Usulkan Perda Pengelolaan BUMDes Ditinjau Ulang

“Semoga negara kita damai dan harmonis. Semuanya hidup rukun dan bersinergi, supaya negara kita lebih maju lagi,” ujarnya.

Ali mengatakan, seluruh warga Tionghoa suka cita menyambut tahun baru cina. Diharapkan mendapatkan berkah dan rezeki di tahun anjing ini. “Tidak hanya ditandai doa syukur dan puja bakti, suka cita tahun baru imlek ini sanak keluarga makan bersama di vihara, tetapi juga ditandai dengan prosesi sembahyang,” jelasnya.

Sementara itu, tiga vihara di kota ini dalam penjagaan ketat aparat kepolisian dari Polres Prabumulih, sebagai bentuk antisipasi kerawanan dan hal-hal tidak diinginkan selama proses ibadah umat budha tersebut.

Baca Juga :   Polda Sumsel Tetapkan Dua Tersangka di BNI, Kasus Kredit Campang Tiga

Kabag Ops, Kompol Zaian ZL mengatakan, selama perayaan imlek situasi cukup aman dan kondusif. Apalagi, pihaknya menyebar puluhan personel untuk siaga di setiap vihara yang ada di kota ini.

“Warga Tionghoa di kota ini, sejak 15 Februari hingga 16 Februari, di setiap vihara bisa melaksanakan prosesi agamanya dengan lancar, aman dan kondusif, tanpa adanya gangguan dan juga kerawanan, apalagi, petugas kita berjaga ketat selama prosesi keagamaan tersebut berlangsung,” tukasnya. (and)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Banyuasin Raih Bhumandala Ariti Tingkat Nasional

Banyuasin, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin kembali mendapat penghargaan bergengsi tingkat nasional. Kali ini, Banyuasin ...

error: Content is protected !!