Home / Ekonomi / Incar 200 Ribu Pelanggan Baru, XL Kembangkan Ekosistem IoT

Incar 200 Ribu Pelanggan Baru, XL Kembangkan Ekosistem IoT

XL mengembangkan ekosistem untuk layanan IoT. (foto/Soimah)
XL mengembangkan ekosistem untuk layanan IoT. (foto/Soimah)

Palembang, KoranSN

PT XL Axiata Tbk (XL) semakin serius mengembangkan bisnis Internet of Thing (IoT) di 2016 ini. Mengambil langkah lebih maju dari tren industri, XL tahun ini akan lebih fokus mengembangkan ekosistem untuk layanan IoT. Ekosistem di sini merujuk pada kemampuan menciptakan solusi atas kebutuhan industri dan masyarakat dengan jalan menggabungkan berbagai ragam perangkat yang ada di sekitar kita. Dengan terobosan ini, XL menargetkan setidaknya akan mampu menambah 200 ribu pelanggan IoT yang baru hingga akhir tahun nanti.

Vice President Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani, mengatakan, kemajuan teknologi digital yang sangat pesat menjadi tantangan bagi XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan. Layanan IoT kini muncul sebagai solusi yang menjadi trend di hampir semua sektor bisnis. “IoT telah menggabungkan dunia fisik dengan dunia digital, yang selanjutnya menawarkan sejumlah peluang dan tantangan baru bagi kalangan bisnis, pemerintahan, dan juga konsumen perorangan,”ujarnya.

Baca Juga :   Kakanwil DJP Sumsel Babel Lelang Sitaan WP

Rafael Jeffry A. Sani menambahkan, untuk 2016, XL menargetkan meraih sekitar 200 ribu pelanggan baru untuk layanan IoT. Untuk itu, XL sudah menyiapkan “senjata”. XL berusaha selalu selangkah lebih maju dibandingkan pelaku bisnis lainnya. Ketika mereka masih berfokus dengan komunikasi device to device (M2M), XL sudah mengembangkan lagi ekosistem dengan menyiapkan single platform yang sudah dilengkapi dengan Aplikasi, device, network, yang di butuhkan oleh pelanggan.

XL juga menerapkan berbagai konfigurasi teknologi untuk menunjang visi IoT tahun 2016. Beragam teknologi saling terhubung mulai dari level device atau sensor, network, aplikasi atau solusi, juga platform. XL menerapkan prinsip, bahwa salah satu peran utama layanan IoT adalah sebagai platform yang didukung jaringan yang mumpuni untuk menciptakan suatu solusi yang akan menjadi modal besar untuk kesuksesan layanan IoT tersebut.

Sementara itu, dari sisi teknologi yang diterapkan untuk IoT, XL akan terus memaksimalkan pemanfaatan layanan internet cepat 4G LTE. Semakin luasnya jangkauan layanan 4G LTE akan mempermudah XL mengembangkan layanan IoT, termasuk menyediakan solusi bagi pelanggan di berbagai daerah di Indonesia. Tersedianya akses internet cepat tentu akan sangat mempengaruhi kualitas layanan, terutama dalam hal kecepatan mengakses data, yang menjadi bagian dari solusi IoT. Saat ini layanan IoT XL didukung pula dengan tersedianya infrastruktur jaringan fiber optic sepanjang lebih dari 40 ribu km yang menghubungkan berbagai pulau di Indonesia serta lebih dari 58 ribu BTS 2G/3G/4G (Base Transceiver Station).

Baca Juga :   Makan di Warjok Batiqa Harga Terjangkau

Hingga kuartal pertama 2016, layanan IoT XL memiliki sekitar 650 ribu pelanggan. Sebagian besar merupakan pelanggan dari lini bisnis, terutama sektor otomotif, utility, serta finansial dan perbankan. Ada 6 produk yang sudah ditawarkan, yaitu Yubox, SIMPLY, SAVVY Smarthome, Multi Carrier Access (MCA), XLocate, dan Xmart City. (ima)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Kota Kreatif Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan akan memanfaatkan secara maksimal predikat Kota Kreatif 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.