Rabu , September 26 2018
Home / Asian Games 2018 / Indonesia Sukses Asian Games 2018

Indonesia Sukses Asian Games 2018

Para penari dengan mengenakan pakaian adat khas Sumsel menyemarakkan kemeriahan ‘Farewell Nigth’ Closing Asian Games 2018 di plaza stadion Jakabaring Soprt City (JSC) Palembang, Minggu malam (2/9/2018). (foto-Ferdinand Deffriyansyah/koransn/suaranusantara)

Jakarta, KoranSN

Indonesia sukses melampaui target Asian Games 2018 dengan menempati empat besar klasemen akhir. Saat memulai kompetisi multi Cabor ini, Indonesia menargetkan masuk 10 besar dengan setidaknya 16 medali emas.

Patut disyukuri, rasa terimakasih patut disampaikan kepada para atlet yang berhasil memenuhi target tersebut. Bahkan, mereka berhasil mencapai hampir dua kali lipat dari target.

Ucapan terimakasih dari pemerintah disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menyampaikan pidato pada acara penutupan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (2/9/2018).

“Berkat kerja keras kalian semua telah mengharumkan nama bangsa. Ini adalah capaian prestasi Indonesia dalam sejarah keikutsertaan di Asian Games 2018,” kata JK.

Indonesia total mengoleksi 98 medali, dengan rincian 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Posisi juara umum ditempati China yang mengoleksi 289 medali disusul Jepang dengan 205 medali, dan Korea Selatan 177 medali.

Pemerintah pun harus mengeluarkan Rp 210 miliar untuk memberikan bonus kepada para atlet. Menurut Menpora Imam Nahrawi, besarann Rp210 miliar itu termasuk bonus untuk atlet non medali.

Baca Juga :   Solihin Rekrut Remaja 15 Tahun Jadi 'Pengantin' Teror Untuk Serang Polres OKU

Peraih medali emas perseorangan mendapatkan Rp1,5 miliar, pasangan atau ganda Rp1 miliar, dan Rp750 juta per orang untuk nomor beregu. Peraih perak untuk tunggal Rp500 juta, ganda Rp400 juta, dan beregu Rp300 juta per orang. Sementara peraih perunggu tunggal Rp250 juta, ganda Rp200 juta, dan beregu Rp150 juta.

Indonesia Wakili Negara Asia Tenggara Masuk 10 Besar Sementara itu, Indonesia berhasil finis di posisi keempat, sementara China muncul sebagai juara umum diikuti Jepang sebagai runner-up. Dalam event ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara atau wakil dari negara di Asia Tenggara yang masuk sepuluh besar klasemen.

Diketahui jika pada Asian Games 2018 ini, Indonesia membuat rekor perolehan medali dengan 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Meskipun berada diurutan keempat namun perolehan ini tidak lebih baik dari saat terakhir menjadi tuan rumah pada tahun 1962 lalu dimana Indonesia finis posisi kedua.

Setelah hampir tiga minggu dihelat, Asian Games berakhir Minggu pagi (2/9/2018) WIB. Triathlon campuran menjadi cabang olahraga paling terakhir dipertandingkan yang digelar di Jakabaring Sport City, Palembang, dengan Jepang muncul sebagai juaranya.

Baca Juga :   Yusril Ihza Mahendra Semangati Buruh Lawan Perpres TKA

Tambahan satu emas itu membuat Jepang memiliki 75 emas, 56 perak, dan 74 perunggu. Perolehan medali Jepang itu hanya menempatkan mereka di posisi kedua klasemen akhir perolehan medali. Sebab, China terlalu perkasa untuk diadang negara lain dan berhak atas predikat juara umum dengan torehan luar biasa: 132 emas, 92 perak, dan 65 perunggu. Ini adalah gelar juara umum ke-10 China selama partisipasi di Asian Games.

Di posisi ketiga ada Korea Selatan dengan total 177 medali, rinciannya 49 emas, 58 perak, dan 70 perunggu. Sementara, yang terdekat adalah Thailand di posisi ke-12 dengan 11 emas, 16 perak, dan 46 perunggu disusul Malaysia dengan tujuh emas, 13 perak, dan 16 perunggu sebagai tim ASEAN ketiga terbaik.

Ada delapan negara yang tak meraih emas, yakni; Tajikistan, Laos, Turkmenistan, Nepal, Pakistan, Afganistan, Myanmar, dan Suriah. Tapi, dari total 45 negara peserta, ada delapan negara yang tak punya medali sama sekali. (viva.co.id/detik.com)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

MA Tolak Kasasi Andi Narogong di Kasus e-KTP

Jakarta, KoranSN Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukan Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam perkara ...

error: Content is protected !!