Home / Foto / IPAL Sei Selayur Ubah Limbah Jadi Air Bersih

IPAL Sei Selayur Ubah Limbah Jadi Air Bersih


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
IPAL – Dubes Australia, Paul Grigson bersama H Alex Noerdin dan Harnojoyo menyekop pasir sebagai tanda dimulainya pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni Palembang, Kamis (2/11/2017). (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Pembangunan mega proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sei Selayur yang akan mengubah limbah menjadi air bersih, dimulai. Ground breaking proyek yang mengabiskan dana Rp 1,2 triliun tersebut dilakukan langsung oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson bersama Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dan Walikota Palembang, H Harnojoyo, Kamis (2/11/2017).

Sebagaimana diketahui, proyek IPAL di Sei Selayur merupakan hibah Pemerintah Australia untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Nantinya, air bersih dari proyek tersebut akan disalurkan ke 12 ribu rumah warga se-Kota Palembang.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson mengatakan, proses IPAL ini nantinya sampah-sampah yang berasal dari rumah warga bakal disulap menjadi air bersih untuk dialirkan ke Sungai Musi lewat proses sanitasi.
Lanjutnya, sistem pembuangan ini akan bekerja membawa air limbah dari masyarakat ke instalasi pengolahan untuk diproses.

Dimana, jaringan saluran pembuangan terdiri dari beberapa kilometer selokan, selokan penyimpangan, stasiun pemompaan dan instalasi pengolahan yang mengolah air limbah sebelum dibuang ke lingkungan.

Baca Juga :   Wawancara Eksklusif Suara Nusantara Bersama Dirjen Pajak

“Pekerjaan instalasi ini akan membuat perbedaan bagi keluarga Palembang, limbah rumah tangga akan disanitasi kemudian disaring menjadi air bersih,” jelas Paul.

Ia menuturkan, dipilihnya Kota Palembang, karena kedekatan Negeri Kangguru dengan Indonesia. Selain itu, menurutnya, kondisi air Sungai Musi pada saat ini hampir mirip dengan kondisi sungai-sungai di Australia belasan tahun lalu. Jadi, dengan kondisi air yang kotor menyebabkan ikan berkembang biak tak normal dan kesehatan warga juga terganggu.

Dengan hibah IPAL ini, lanjutnya, diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan tanah air demi terciptanya pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik.

“Sungai di Australia, dulu seperti Sungai Musi ini selain kotor warnanya juga pekat. Tapi sekarang sangat jernih bahkan bisa dipakai warga berenang. IPAL ini peluang untuk membuat perubahan bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menuturkan, IPAL saat ini sangat diperlukan warga Kota Palembang. Jadi, dengan adanya sanitasi limbah rumah tangga ini dapat membuat Sungai Musi lebih jernih dan terhindar dari polusi.

Baca Juga :   Pengumuman Adipura Kencana Ditunda, Palembang Raih Adiwiyata Mandiri

Menurutnya, dipilihnya ibu Kota Sumsel ini mendapatkan hibah IPAL terbesar se-Indonesia dengan luas 5 hektare tersebut melihat kesiapan serta kemajuan Kota Palembang itu sendiri. Dimana, Palembang adalah kota ke-13 yang mendapat hibah dari Australia.

“Jadi, dengan pengelolaan limbah ini Sungai Musi kita akan jadi bersih dan bening. Kita harus bangga dan terima kasih dengan Australia dapat hibah IPAL terbesar se Indonesia,” ungkap Gubernur.

Di tempat yang sama, Walikota Palembang, H Harnojoyo menambahkan, sejatinya IPAL dapat melayani 22 ribu rumah warga, namun untuk tahap pertama mega proyek ini ditargetkan bakal beroperasi pada tahun 2022 mendatang, dengan melayani 12 warga Palembang terlebih dahulu.

Ia melanjutkan, untuk membuat saluran air menjadi lebih baik dan hasilnya lebih jernih ketika sampai di Sungai Musi, Pemkot Palembang juga akan menggandeng PDAM dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Sistemnya itu sampah dari rumah warga, lalu dibuang ke Sungai Musi. Kita menargetkan tahap satu pada tahun 2022 IPAL ini akan melayani waga Kota Pempek,” tandasnya. (rgn)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Minta BSB Lebih Berani Bersaing

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel, H Herman Deru menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham PT Bank Pembangunan ...