Iran Sebut Akan Lewati Batas Pengayaan Uranium Dalam 10 Hari

Fasilitas pengayaan uranium di Isfahan, Iran. Pengolahan urania di fasilitas ini dicurigai menjadi bagian program rahasia pengembangan senjata nuklir. (foto-antaranews)

Dubai, KoranSN

Iran akan melewati batas persediaan uranium pengayaan rendah (low-enriched uranium) yang telah disepakati secara internasional dalam waktu sepuluh hari namun negara-negara Eropa masih mempunyai waktu untuk menyepakati perjanjian nuklir dengan negara tersebut, menurut juru bicara Badan Tenaga Nuklir Iran Behrouz Kamalvandi pada Senin (17/6/2019).

“Kami sudah menggandakan empat kali lipat tingkat pengayaan dan akan meningkatkannya lagi, jadi dalam sepuluh hari akan melewati batas 300 kilogram,” kata Kamalvandi melalui saluran televisi milik negara Iran.

Baca Juga :   Serangan Afghanistan Tewaskan Ketua LSM Jepang

Dia menambahkan, “masih ada waktu, jika negara-negara Eropa mau bertindak.”

Pemerintah Iran menyatakan bahwa mereka akan mengurangi kepatuhan terhadap pakta nuklir Internasional yang disetujui pada 2015, sebagai bentuk protes terhadap keputusan Amerika Serikat untuk keluar dari perjanjian dan kembali menjatuhkan sanksi pada tahun lalu. (Antara/Reuters/ags)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia
Bagikan :

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Sistem ‘uji dan lacak’ COVID Irlandia Kewalahan Akibat Lonjakan Kasus

Dublin, KoranSN Sistem pelacakan COVID-19 Irlandia kewalahan akibat lonjakan kasus, yang memaksa layanan kesehatan dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.