Home / Gema Sriwijaya / IRT di PALi Derita Peritonitis, Tak Dapat Ruang ICU

IRT di PALi Derita Peritonitis, Tak Dapat Ruang ICU

Kadinkes PALI saat menjenguk pasien di RSUD Kabupaten PALI. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Warzana (42), Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Desa Panta Dewa Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengalami kondisi kritis di RSUD Pendopo Talang Ubi, akibat menderita penyakit peritonitis (radang membran yang melapisi organ perut).

Kondisi korban diperparah lantaran tak mendapatkan ruang ICU sejak beberapa hari terakhir di RSUD Pendopo. Hal ini diakui, Kasi Pelayanan Medik RSUD Pendopo Talang Ubi, dr Nunik.

dr Nunik mengaku sudah enam kali menghubungi rumah sakit pemerintah di Kota Palembang, untuk merujuk pasien tersebut agar bisa mendapatkan perawatan wajib di ruang ICU agar bisa di operasi.

“Kita sudah enam kali pak menghubungi pihak rumah sakit pemerintah di Kota Palembang sejak beberapa hari lalu. Namun mereka beralasan bahwa ruang ICU sudah penuh, sedangkan kita disini tidak ada ICU sebab masih tipe C,” ujarnya, kemarin Rabu (11/4/2018).

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI dr. H Muzakir MKes mengatakan, bahwa pasien sudah dirujuk ke Rumah Sakit Rabain Muara Enim untuk mendapatkan perawatan secara intensif karena kondisi pasien memang sudah tidak memungkinkan.

“Kondisi pasien ini, kalau kita paksakan operasi di RSUD kabupaten PALI, 80 persen pasien tidak akan terselamatkan. Untuk itu kita harus merujuknya ke rumah sakit yang memiliki ruang ICU agar pasien bisa terselamatkan,” jelasnya saat melihat pasien ini di rumah sakit.

Dijelaskanya, bahwa pasien ini akan menggunakan Jamsoskes yang akan dibiayai penuh pengobatanya oleh Pemerintah Kabupaten PALI. Dan diakuinya bahwa selama ini Jamsoskes PALI tidak pernah mengalami masalah apalagi terhutang.

“PALI tidak pernah ada masalah di rumah sakit jaringan kita. Jadi kita harap pihak rumah sakit bisa memprioritas pasien asal PALI. Karena, pasien ini harus cepat mendapatkan tindakan dengan oprasi bedah,” jelasnya. (ans)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Si Jago Merah Hanguskan 6 Bedeng Milik Warga Dempo Reokan Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Warga Dusun Dempo Reokan Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara heboh saat si jago ...

error: Content is protected !!