Home / Internasional / IS Nyatakan Bertanggung Jawab Atas Ledakan di Pasar Filipina

IS Nyatakan Bertanggung Jawab Atas Ledakan di Pasar Filipina

Puing bangunan tersebar setelah serangan bom gereja di Jolo, provinsi Sulu, Filipina. (foto-antaranews)

Manila, KoranSN

Kelompok gerilyawan garis keras IS menyatakan bertanggung jawab atas ledakan di satu pasar umum di Filipina Selatan yang melukai tujuh orang pada Sabtu (7/9/2019).

Kelompok tersebut mengeluarkan pernyataan pada Sabtu malam bahwa pengeboman dengan sepeda motor telah melukai tujuh orang Filipina di satu pasar umum.

Ledakan itu merupakan yang keempat kalinya terjadi di daerah tersebut dalam 13 bulan, kata militer FIlipina, Minggu (8/9/2019).

Baca Juga :   Presiden AS Donald Trump Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya BJ Habibie

Militer Filipina juga mengatakan bahwa sebuah kelompok garis keras, yang beroperasi di Kota Isulan di Provinsi Sultan Kudarat, berada di antara pihak-pihak yang dijadikan tersangka.

Ledakan terbaru tersebut terjadi saat Filipina Selatan dilanda ketegangan tinggi setelah tiga peristiwa dalam satu tahun belakangan ini, yang dikatakan pemerintah sebagai pengeboman bunuh diri oleh para gerilyawan yang memiliki hubungan dengan IS.

Rekaman video memperlihatkan ledakan Sabtu terjadi di satu tempat parkir sepeda motor. Satu bom, yang diduga sebagai peledak rakitan, diletakkan di satu motor yang diparkir, kata Mayor Arvin Encinas, juru bicara militer regional, kepada para wartawan.

Baca Juga :   Lima Wisatawan Asing Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat di Honduras

Pada April, satu pengeboman yang diduga dilakukan oleh anggota kelompok pro-IS melukai sedikitnya 18 orang di satu restoran di Sultan Kudarat, di wilayah Mindanao.

Mindanao menghadapi aksi penjahat dan gerilyawan bersenjata yang menguasai banyak wilayah tersebut, yang dirongrong kemiskinan dan ketidakstabilan.

Para gerilyawan beroperasi di wilayah selatan Filipina, negara yang didominasi pemeluk Katholik Roma. Sebagian dari mereka diketahui memiliki hubungan dengan kelompok gerilyawan di luar negeri, termasuk Al Qaida dan IS. (Antara/Reuters/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Presiden AS Donald Trump Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya BJ Habibie

Jakarta, KoranSN Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump turut berduka bersama rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.