Kamis , Desember 13 2018
Home / Pesta Demokrasi / Ishak Mekki Dekat dengan Ulama dan Ustadz

Ishak Mekki Dekat dengan Ulama dan Ustadz

Calon Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki saat bersama para ulama dan ustadz. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Kedekatan Calon Gubernur (Cagub) Sumsel Nomor Urut 3, H Ishak Mekki dengan tokoh agama seperti, para ulama, ustadz dan lingkungan pondok pesantren bukan hal yang baru. Sejak dulu, Cagub yang masih menjabat Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel ini memang memiliki hubungan tersendiri dengan para tokoh di lingkungan agama Islam ini.

Mengapa demikian? Salah satu variabelnya adalah karena Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel ini dilahirkan di lingkungan keluarga yang agamis.

Ayahnya, H Ahmad Mekki, merupakan ulama terkenal di Kabupaten OKI, tepatnya di Kota Kayuagung. Selain pada masa itu ia (H. Ahmad Mekki) sebagai guru mengaji di lingkungan tempatnya tinggal, dia juga sering berceramah keliling Kayuagung bahkan di seluruh Kabupaten OKI.

Ustadz Ahmad Mekki lahir di Kota Mekkah, Saudi Arabia. Itulah sebabnya, namanya diberi nama Mekki oleh orang tuanya. Ini tak lain untuk mengenang kota kelahirannya Mekkah. Pada usia 17 tahun, barulah dia pulang ke tanah air diajak oleh orang tuanya, pulang ke kampung halaman, Kayuagung.

Di Kayuagung, dengan bekal kemampuannya berbahasa Arab dan memiliki pengetahuan agama yang bagus, Ahmad Mekki mengembangkan ilmunya, mendidik anak-anak warga untuk mengaji dan menimba ilmu agama hingga dia terkenal sebagai ustadz dan ulama.

Demikian setidaknya cerita singkat mengenai sosok H Ahmad Mekki yang merupakan orang tua dari H Ishak Mekki, yang kini tengah giat berjuang untuk memimpin Provinsi Sumsel ke depan.

Dari sekelumit cerita tersebut dapat pula disimpulkan mengapa sosok Ishak Mekki memiliki kedekatan khusus dengan para ustadz dan ulama.

Kedekatan ayah tiga anak (Muchendi, Azhar dan Ones) ini dengan para ulama tak sebatas hanya ulama lokal atau regional daerah Sumsel semata. Melainkan, dengan para ulama yang berkaliber nasional bahkan internasional pun dia sangat dekat.

Selain selalu berkunjung dan dikunjungi, Ishak Mekki juga tak sungkan-sungkan jika ada waktu untuk mengundang para ulama nasional untuk hadir di kediamannya mengisi pengajian dan tausiah, diantaranya ustadz Adi Hidayat, ustadz Somad dan sebagainya.

Dia juga selalu menyempatkan diri untuk bersilaturahmi kepada sejumlah ulama lainnya seperti Habib Luthfi dan bahkan saat umroh beberapa waktu lalu, Ishak juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Habib Rizieq Shihab di Kota Mekkah.

Dukungan dari Forpess

HUBUNGAN dekat antara Ishak Mekki dan para ustadz, ulama ini ternyata membuahkan jalinan yang bakal panjang untuk masa depan. Disetiap kunjungan ke daerah, Cagub yang berpasangan dengan Cawagub Yudha Mahyuddin ini selalu mendapat dukungan dari para ustadz maupun ulama setempat.

Baca Juga :   Surat Suara Tiba di KPU Banyuasin

Hampir disetiap Kabupaten/Kota, para ustadz, kyai dan ulama terutama yang tergabung dalam Forum Pondok Pesantren Sumsel (Forpess) selalu memberikan dukunganya kepada Ishak Mekki untuk menjadi orang nomor satu di Sumsel.

Di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) misalnya, dukungan datang dari para ustadz se daerah ini yang tergabung dalam Forpess OKU. Melalui Ketua Forpess OKU, Ustadz Edi Afrizal, para sutadz, kyai dan santri se Kabupaten OKU mendukung dan siap memenangkan Paslon Ishak – Yudha di Pilkada Sumsel, 27 Juni 2018 mendatang.

Dukungan yang diberikan tersebut bukan tak beralasan, melainkan karena keyakinan para kyai tersebut akan komitmen Ishak Mekki yang kelak jika memimpin daerah ini mau mengembangkan dan memajukan dunia ke-Islaman terutama di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes).

“Dengan latarbelakang dan komitmen keislaman sebagaimana yang dimiliki, kami yakin Pak Ishak Mekki mampu mendorong dan menjadikan dunia pesantren sejajar dengan dunia pendidikan lainnya, khususnya di Sumsel ini,” kata Edi dibenarkan kyai dan ustadz lainnya saat pertemuan dengan Cagub Ishak Mekki beberapa waktu lalu.

Begitu juga di OKU Timur, saat suami Hj Tartila ini berkunjung ke Ponpes Al-Falah yang terletak di Desa Kurungannyawa 2. Di Ponpes yang dipimpin oleh Kyai Dimyati Dahlan yang tak lain adalah Rois Syuria PWNU Sumsel, Ishak Mekki juga memperoleh dukungan yang tak hanya dari Ponpes ini semata, melainkan dari Forpess OKU Timur yang dikomandoi oleh Ketuanya, KH. Jamingan.

Bahkan di sini, mantan Kepala Dinas PU Kabupaten OKI dan Provinsi Sumsel ini diberi gelar Gus, yakni; Gus Ishak Mekki sebagai panggilan hormat untuk seseorang yang merupakan anak dari kyai atau ulama di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU).

“Gelar Gus ini sudah tepat kami berikan kepada Pak Ishak Mekki, selain dia terkenal sebagai sosok yang dekat dengan kalangan santri, dia juga memang anak seorang ulama terkenal di OKI,” kata Kyai Munawir anggota Forum Kyai Sumsel saat berada di Ponpes Al-Falah hari itu.

Sedangkan di Kabupaten OKI, saat Ishak Mekki melaksanakan serangkaian kampanye dialogis di sini, puluhan ustadz dan kyai dari sejumlah Ponpes sengaja hadir untuk memberi dukungan agar mantan Bupati OKI dua periode ini terpilih menjadi Gubernur Sumsel.

Baca Juga :   Miliki KK & E-KTP, Keluarga Cawabup OKI Tidak Masuk DPT

Para ustadz dan kyai yang terhimpun dalam Forum Pondok Pesantren Sumatera Selatan (Forpess) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dipimpin KH. Fakhrul Anam, menyatakan siap berjuang dan memenangkan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 3, H. Ishak Mekki dan Yudha Mahyuddin (Ishak – Yudha) di Pilkada tahun ini.

Menurut Kyai Fakhrul, apa yang dia kemukakan ini merupakan kesepakatan para pengasuh pondok pesantren, para kyai dan para ustadz di lingkup Forpess OKI. Kesepakatan ini dibangun, karena mereka sudah mengenal jauh akan sosok Ishak Mekki dan kiprahnya sejak lama.

“Pernyataan yang kami sepakati ini lahir dari hati kami masing-masing yang memang sudah lama mengenal diri bapak dan kiprah bapak selama memimpin Kabupaten OKI dua periode. Bapak telah banyak berbuat terutama untuk kalangan santri dan pondok pesantren di sini,” kata Fakhrul disetujui hadirin dalam silaturahmi itu.

Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, Desa Kampungbaru, Mesuji ini menambahkan, dia dan segenap anggota Forpess Kabupaten OKI siap berjuang untuk memenangkan pasangan Ishak – Yudha pada Pilkada Juni 2018 mendatang.

“Kami sangat yakin kepada Pak Ishak Mekki jika kelak terpilih menjadi Gubernur, bapak akan memperhatikan kehidupan pondok pesantren di sini bahkan di Sumsel secara keseluruhan. Karena kami tahu latar belakang bapak yang memang berasal dari keluarga yang agamis dan dekat dengan kalangan santri,” ungkap Kyai Fakhrul.

Ishak Mekki sendiri yang disetiap kesempatan senantiasa menerima dukungan dari para kyai, ustadz dan ulama ini merasa bahagia namun menjadikan dirinya juga sangat terharu. Untuk itu pula rasa haru dan bahagia ini ditindaklanjutinya dengan mematok janji kepada para kyai dan pengasuh pondok di setiap kesempatan.

Janji yang dia kemukakan adalah, jika kelak dia diberi amanat untuk menjadi Gubernur Sumsel maka dia akan meningkatkan anggaran untuk pondok pesantren sebesar Rp 10 miliar pertahun dari yang selama ini sudah ada yang berkisar Rp 6 miliar.

Ishak Mekki juga menjanjikan beasiswa bagi siswa maupun santri yang berprestasi untuk meneruskan pendidikan lanjutan, termasuk mereka yang berprestasi dan ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri, semisal ke Universitas Al-Azhar Mesir, ke Saudi Arabia dan sebagainya.

Bagi Ishak, kedekatannya dengan para ulama sangat penting. Sebab, masukan-masukan yang dia peroleh dari para ustadz, ulama adalah masukan yang sama langsungnya dari masyarakat. Ishak meyakini para ustadz, ulama atau kyai selalu bersentuhan langsung dengan umat. (den/rel)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Bawaslu OKI Ingatkan Peserta Pemilu Taati Aturan APK

Kayuagung, KoranSN Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengingatkan peserta Pemilu 2019 ...

error: Content is protected !!