Ishak Mekki Janjikan Rp 10 M Untuk Pesantren se-Sumsel

Cagub Sumsel Nomor Urut 3, H. Ishak Mekki foto bersama para pengasuh Ponpes Kabupaten OKUT di Ponpes Al-Falah, BK.3, Kecamatan Buaymadang OKUT, Rabu (21/3/2018). (Foto-Istimewa)

Martapura, KoranSN

Kabar menggembirakan bagi dunia pesantren Sumatera Selatan (Sumsel). Pasalnya, Calon Gubernur (Cagub) nomor urut 3, H Ishak Mekki berjanji jika dia dan pasangannya Yudha Mahyuddin kelak diberi amanah untuk memimpin daerah ini, maka salah satu prioritas perhatiannya, dunia pesantren.

Menurut Ishak, bentuk perhatian terhadap dunia pesantren tersebut adalah dengan meningkatkan anggaran bantuan untuk pondok-pondok pesantren hingga Rp 10 miliar pertahun.

“Saya janji, ke depan jika terpilih menjadi Gubernur, maka anggaran untuk operasional bagi pondok-pondok pesantren yang ada di Sumsel akan saya naikkan hingga Rp 10 miliar pertahun,” kata Cagub Ishak Mekki saat berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah, BK.3 Kecamatan Buaymadang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Rabu (21/3).

Menurut mantan Bupati OKI dua periode ini, anggaran untuk Ponpes se-Sumsel selama ini memang telah dialokasikan yakni dengan kisaran sebesar Rp 6 miliar pertahun. Mengingat kebutuhan untuk kehidupan pesantren ini semakin meningkat, maka ke depan dia dan pasangannya Yudha Mahyuddin akan meningkatkan anggaran tersebut menjadi Rp 10 miliar pertahun.

Baca Juga :   Miliki KK & E-KTP, Keluarga Cawabup OKI Tidak Masuk DPT

Kehadiran Cagub Ishak Mekki ke Ponpes Al-Falah, selain untuk bersilaturahmi dengan para santri dan ustadz di lingkungan Ponpes yang diasuh oleh KH.Dimyati Dahlan, juga bersilaturahmi dengan para pengasuh Ponpes seKabupaten OKUT, yang dikoordinir oleh Ketua Forum Pesantren Sumsel (Forpess) Kabupaten OKUT, KH. Jamingan. Hadir mendampingi Ishak Mekki, Ketua Umum Forpess, Ust. Susi Indrawanto, S.Pd.I.

Ishak Mekki di kesempatan tersebut mengungkapkan, bahwa dirinya memang getol memperjuangkan keberadaan pondok pesantren dan dunia keagamaan. Ini tak lain karena dia dibesarkan dari lingkungan yang agamis.

“Ayah saya adalah seorang guru mengaji yang lahir dan dibesarkan di Mekkah. Itulah mengapa ayah bernama Ahmad Mekki yang akhirnya mengiringi nama belakang saya, Ishak Mekki. Selain dikenal sebagai ulama, ayah juga merupakan Haiz Al-Quran, mertua saya juga Al-Haiz,” jelas Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel ini.

Menyahuti keinginan Cagub Ishak Mekki untuk membantu peningkatkan anggaran bagi dunia pesantren, pengasuh Ponpes Al-Falah yang juga Rois Surya PWNU Sumsel, KH. Dimyati Dahlan menyatakan rasa bangga dan kagumnya kepada sosok Cagub Sumsel, Ishak Mekki.

“Kami yakin terhadap apa yang dikemukakan oleh Pak Ishak Mekki ini yakni berkeinginan besar memajukan dunia pesantren dan keagamaan di Sumsel. Semoga apa yang menjadi cita-citanya tersebut betul-betul terwujud. Kita dorong dengan doa dan kita dukung, kiranya di Juni tahun ini, Pak Ishak dan Pak Yudha terpilih menjadi pemimpin Sumsel,” kata KH.Dimyati diamini para pengasuh Ponpes, para ustadz dan santri yang hadir.

Baca Juga :   Debat Pilkada Palembang, Pengamat: Paslon Akbar Alfaro-Hernoe & Sarimuda-Rozak Tampil Paling Menonjol

Menambahkan sambutannya, Ishak Mekki juga menjanjikan beasiswa bagi siswa maupun santri yang berprestasi namun tak mampu meneruskan pendidikan lanjutan, termasuk mereka yang berprestasi dan ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri.

“Semisal ke Universitas Al-Azhar Mesir, ke Saudi Arabia, dan sebagainya, akan kita data dan berikan beasiswa,” kata Ishak Mekki.

Begitu juga terhadap masyarakat yang tekun beribadat, memiliki minat untuk berangkat ke tanah suci, namun belum mampu, lanjut Ishak, dia dan pasangannya berjanji akan mendatanya untuk diberangkatkan umroh.

“Kita akan anggarkan biaya untuk memberangkatkan umroh bagi masyarakat kita yang tekun beribadah namun belum mampu berangkat ke tanah suci,” katanya sembari memaparkan berbagi program lainnya manakala dia kelak menjadi Gubernur Sumsel. (den/rel)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Didukung 9 Parpol, Ratna-Suwarti Harapkan Mesin Partai Bergerak Hingga ke Pelosok

Musirawas, koranSN Dukungan partai politik (Parpol) ke pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas …