Iskandar & Rifa’i Cor Beton Jalan Kayuagung-Sepucuk 37,4 KM

H Iskandar SE bersama Kapolres OKI saat meninjau jalan cor beberapa waktu lalu. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Pembangunan infrastruktur jalan di Ogan Komering Ilir (OKI) era kepemimpian H Iskandar SE-HM Rifa’i SE sebagai bupati & Wabup periode 2014-2019 memang terbukti menjadi prioritas program Pemkab OKI selama 4 tahun terakhir.

Seperti jalan Kayuagung-Sepucuk sebagai akses warga 4 kecamatan (Pedamaran Timur, Sungai Menang, Cengal dan Mesuji Raya) menuju Kayuagung sebagai ibukota kabupaten. Jalan yang dulunya berlumpur kini sudah dicor beton sepanjang 37,4 KM.

Data yang dihimpun di Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang OKI kemarin, masih tersisa 1,3 KM jalan di Kayuagung-Sepucuk yang berlumpur dan akan juga dicor beton menggunakan APBD OKI tahun anggaran 2018 ini.

“Titik yang masih rusak itu di KM 24. Saat ini masih tahap lelang untuk menentukan kontraktornya, April nanti dijamin sudah mulai dikerjakan. Kami harap masyarakat bersabar menunggu waktu yang hanya beberapa minggu atau bulan ke depan,” kata Ir HM Hapis MM, selaku Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang OKI kemarin.

Ulang Hapis, pengerjaan jalan rusak 1,3 KM itu akan dilakukan pada April tahun ini karena saat ini proyek itu sudah masuk pada Bagian Layanan Pengadaan atau Unit Layanan Pengadaan (ULP). Jalan Kayuagung-Sepucuk yang totalnya sepanjang 38,7 KM itu sudah menjadi salah satu prioritas Pemkab OKI karena jalan ini menjadi akses utama bagi warga 4 kecamatan.

Baca Juga :   Fakir Miskin di Muara Enim Didata

Data di Dinas PU dan Penataan Ruang OKI, jalan Kayuagung-Sepucuk telah tersambung dengan kontruksi cor beton sepanjang 37,4 KM atau mencapai 95 persen dari total panjang ruas jalan 38,7 KM. Rincian pembangunan cor beton yakni tahun 2014 sepanjang 1,56 KM, tahun 2015 sepanjang 5,687 KM, tahun 2016 sepanjang 12, 265 KM dan tahun 2017 sepanjang 12 KM.

“Tersisa hanya 1,3 KM yang belum dicor beton itu memang belum tercover di tahun 2017. Karenanya tahun ini total 38,7 KM cor beton akan tuntas,” ungkap Hapis optimis. Hapis mengakui, akibat kondisi curah hujan yang tinggi dan efek pembangunan jalan tol, sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten OKI memang mengalami kerusakan yang parah.

Baca Juga :   BPN Bantu Program Sertifikat bagi RLTH

Namun dia memastikan, upaya perbaikan jalan rusak menjadi prioritas utama yang akan dilaksanakan tahun 2018 ini. Selain jalan Kayuagung-Sepucuk, yang juga menjadi prioritas Pemkab OKI antara lain ruas jalan Pampangan-Lebung Batang dengan aspal hot mix, Lebung Batang-Selapan dengan cor beton, ruas Sumbu Sari-Surya Adi dengan cor beton dan Tanjung Lubuk-Sri Tanjung dengan aspal hot mix.

“Semua jalan poros jadi prioritas Pemkab OKI, namun kosentrasi tahun ini di empat ruas tersebut,” jelasnya.

Hapis mengungkapkan, keterbatasan anggaran menjadi kendala untuk memperbaiki seluruh jalan yang mengalami kerusakan. Namun untuk jalan-jalan yang berlubang tetap akan diperbaiki dengan cara menutup lubang. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Isak Tangis Sambut Jenazah Indah Warga Ogan Ilir Jadi Korban Sriwijaya Air

Indralaya, KoranSN Isak tangis keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jenazah Almarhumah Indah Halimah Putri (26), …