Jadikan Kantor Sebagai Pusat Pelayanan Masyarakat

Zul Karnain. (foto-siryanto/koransn)

Banyuasin, KoranSN

Keberadaan kantor kepala desa bukan hanya sebagai simbol keberadaan sebuah lembaga pemerintah, namun juga sebagai pusat pelayanan, pusat informasi dan sebagai tempat perencanaan pembangunan desa.

Hal tersebut diungkapkan Zul Karnain selaku Pj Kades Pagar Bulan Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin, Senin (17/2/2020).

“Semenjak saya dipercaya selaku Pj Kades Pagar Bulan, dari hari Senin sampai Jum’at, seluruh perangkat desa harus aktif ngantor setiap jam kerja. Sehingga, setiap kebutuhan masyarakat bisa terlayani dan tidak ada masyarakat yang terabaikan dengan alasan perangkat desa tidak berada di tempat,” ungkap Zul.

Untuk itu, ia juga menghimbau kepada perangkat desa untuk selalu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai petugas di desa, apalagi sekarang ini pemerintah sudah memberikan perhatian yang serius bagi perangkat desa dengan memberikan tunjangan profesi atas kinerja perangkat desa.

Baca Juga :   Kapolres: Musim Kemarau, Jangan Bakar Lahan!

“Ya, kami sudah memberikan himbauan kepada para perangkat desa agar setiap kantor desa untuk selalu di aktifkan, sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk melakukan pengurusan, apalagi dengan hal yang mendesak masyarakat tidak susah-susah lagi,” ujar dia.

Ia mengatakan, perangkat desa merupakan perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk mengurus masyarakat di tingkat desa, untuk itu perangkat harus berkantor seperti pegawai pada umumnya.

Di samping itu, ia menambahkan di dalam peraturan Bupati Banyuasin tentang struktur organisasi dan tata kerja pemerintah desa untuk membuka pelayanan di kantor kepala desa selama 37,5 jam dalam seminggu dengan jadwal dari Senin hingga Jumat, selanjutnya tugas masing-masing perangkat lebih terperinci akan diatur di dalam peraturan kepala desa.

“Hal ini tidak menutup kemungkinan jika jam kerja sudah mencapai target pelayanan masyarakat harus tetap dilakukan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat,” tegas dia.

Baca Juga :   Sepekan Jaring 342 Pelanggar Lalu Lintas

Pj Kades Zul Karnain juga mengharapkan kepada jajaran perangkat desa untuk bisa mengoperasikan komputer dan tujuannya supaya segala administrasi tidak hanya bergantung pada sekdes.

“Kalau seluruh perangkat desa bisa mengoperasikan komputer enak dalam bekerja dan tidak tergantung lagi dengan sekdes bila dia berhalangan,” tutur dia.

Zul Karnain juga menyebut, dalam mendukung program Bupati, yakni Banyuasin Religius setiap Jum’at para perangkat desa harus melaksanakan shalat Jum’at berjamaah.

“Setiap Jum’at para perangkat desa harus shalat Jum’at bersama dan ini digilirkan di dua dusun,” tandas dia.
(sir)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Warga Desa Biyuku Banyuasin Terima BLT DD Tahap II

Banyuasin, KoranSN Pemerintah kembali menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap II bagi keluarga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.