Home / Editorial / Jadikan Pagaralam Kota Wisata Andalan Sumsel

Jadikan Pagaralam Kota Wisata Andalan Sumsel


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Gunung dempo. (foto-dok/asnadi/koransn.com)

UNTUK mendukung terwujudnya sebagai kota wisata yang menjadi andalan Sumatra Selatan (Sumsel), Pemerintah Kota Pagaralam dan seluruh lapisan masyarakat bekerja keras dalam mengalakkan roda pembangunan dalam berbagai bidang.

Tidak selamanya dunia pariwisata baru bisa berkembang harus disertai dengan dunia hiburan dan gemerlap. Namun yang terpenting bagaimana menciptakan suasana masyarakat yang datang ke kota ini menjadi betah, damai, tenang dan dapat menikmati keindahan alam Pagaralam dengan kebun teh Gunung Dempo sambil berlibur.

Pemerintah setempat terus melakukan pembenahan dengan meningkatkan pembangunan berbagai infrastuktur dan termasuk dalam berbagai bidang yang lainnya seperti agrobisnis, pendidikan dan kesehatan serta termasuk bidang pariwisata dengan membangun lokasi perkanoran terpadau di Gunung Gare di atas lahan 60 hektere, perluasan kawasan kota, jalan lingkar dan membangun lokasi wisata terpadu di kawasan Gunung Dempo.

Kendati bidang wisata yang menjadi prioritas utama, tapi dalam bidang lainnya terutama untuk mendukung kesejahteraan masyarakat juga terus ditingkatkan seperti bidang pendidikan, kesehatan dan upaya menunjang eknomi kerakyatan.

Baca Juga :   Cuaca Tak Menentu, Semua Harus Waspada

Memasuki tahun 2017 ini sudah cukup banyak dibangun pemerintah Kota Pagaralam, khususnya sarana transportasi menuju ke berbagai lokasi wisata seperti Jalan Lingkar Air Perikan-Gunung Gare sepanjang 6 Km dengan lebar 22 meter, Jalan Lingkar Wiasta Gunung Gare tembus ke kapung II Gunung Dempo sepajang 5 Km dan Jalan Lingkar Simpang Empat Tajungaro Pagaralam Utara tembus Simpang Manak Pagaralam Selatan dan jalan menuju Bandara Atung Bungsu Kecamatan Dempo Swelatan sepanjang 8,9 kilometer.

Kemudian selain itu sarana umum lainnya, ada juga sarana penunjang lain seperti, lapangan terbang (Lapter) di atas lahan 300 hektare dan membangun daerah wiasta terpadu diberbagai daerah.

Sementara dalam bidang pendidikan, meningkatkan pembangunan sarana prasarana sekolah seperti komplek sekolah unggulan Gunung Gare, SMK terpadu, SMA Negeri terpadu dan termasuk sekolah unggulan dalam berbagai tingkatan.

Kekuatan nuansa Islami yang cukup kental tidak akan menjadi penghalang bagi Kota Pagaralam dalam memajukan dunia pariwisata. Namun yang terpenting bagaimana caranya menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata itu sendiri, misalnya ada lokasi out bond dan olahraga sambil menikmati alam serta penginapan dengan fasilitas penujang seperti kolam renang di kaki Gunung Dempo. Demikian diungkapkan Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati.

Baca Juga :   Cughup Ayek Nyembugh Tak Kering Meski Kemarau

Dikatakan Ida, kalau pariwisata sudah berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin sektor lain juga akan ikut terdorong, misalnya perkembangan dunia pendidikan, bidang kesehatan dan termasuk pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Bisa kita ambil contoh setiap ada even penting perputaran uang di Kota Pagaralam bisa mencapai miliaran setiap harinya. Mulai dari rakyat kecil hingga pengusaha bisa merasakan dampak yang dialami. Hanya saja kedepan masih perlu peningkatan pengembangan dalam bidang industri kecil yang melibatkan masyarakat tingkat bawah, sehingga bisa mendorong sektor pariwisata,” ungkap Ida.

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Indonesia Manfaatkan TTF 2019 Tari Wisatawan Belanda

Tong Tong Fair (TTF), festival budaya Asia dan Indonesia terbesar di Belanda, menjadi salah satu …