Home / Kota Musi / Jadwal Presiden Tak Jelas, Tugu Belido Akhirnya Diresmikan

Jadwal Presiden Tak Jelas, Tugu Belido Akhirnya Diresmikan

Jadwal Presiden Tak Jelas, Tugu Belido Akhirnya Diresmikan. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Setelah menunggu berbulan-bulan tak mendapatkan kepastian jadwal protokol ke Presidenan untuk dapat meresmikan patung yang di gadang menjadi destinasi wisata baru di Kota Palembang. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akhirnya secara resmi meresmikan patung Tugu Belido bertempat di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Minggu (11/2/2018).

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Teguh menuturkan, Tugu Patung Belido yang merupakan bantuan dana CSR dari PT Bukit Asam (BA) sebenarnya dijadwalkan semula akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti. Namun, setelah dua kali Pemkot Palembang mengajukan surat, awalnya dapat respon, tetapi setelah berlangsung lama tidak ada kepastian.

Selain itu, lanjut Sudirman, diresmikannya Tugu Belido ini juga agar dana anggaran dari PT BA tahun 2018 ini bisa dicairkan, lantaran untuk langsung dilakukan renovasi guna menambah tekanan air pancuran yang keluar dari mulut patung tersebut.

“Diresmikannya Tugu Blido ini agar dana tahun ini bisa dicairkan dari PT BA untuk pemeliharaan patung, pertama memodifikasi hasil semburan airnya, kemudian akan dibuatkan Pos Sat Pol PP untuk menjaga patung tersebut, serta pemeliharaan lainnya,” ungkap Sudirman.

Sementara Dirut PT BA, Alfian Arifin menuturkan, dibangunnya Tugu Belido ini merupakan suatu kontribusi nyata terhadap kemajuan Kota Palembang, khususnya di Sumsel.

Ia melanjutkan, dengan adanya dana CSR PT BA agar bisa lebih banyak bersumsangsih, misalnya Tugu Belido yang tingginya mencapai 13 meter. Kedepan pihaknya berjanji akan menyiapkan dana CSR yang lebih besar.

“Belido merupakan ikon Kota Palembang, jadi kita juga ikut dalam pemberdayaan Ikan Belido di Kota Palembang. Dengan dana sebesar Rp 9 miliyar dari dana CSR Bukit Asam kita berhasil menciptakan patung ini,” ujarnya.

Walikota Palembang, H Harnojoyo menjelaskan, bahwa Ikan Belida merupakan ikan yang berjasa bagi para pengusaha, seperti pempek dan kerupuk. Jadi, tidak masalah jika dibuatkan tugu ikan sebesar inuli atas jasanya bagi para pengusaha di Bumi Sriwijaya ini

Ia menambahkan, Kota Palembang bisa berhasil mencapai target PAD pada tahun 2017, lantaran kontribusi dari tamu-tamu. Untuk itulah Palembang bisa memanfaatkan sejumlah lokasi pariwisata agar menarik baik wisatawan asing maupun lokal.

“Batubara Palembang tidak punya, kelapa sawit apalagi. Jadi yang kita unggulkan ialah tempat-tempat pariwisata keluarga. Dengan ini diharapkan bisa menambah daya tarik Kota Papembang,” jelasnya.

Ia menghimbau, kepada masyarakat untuk bersama menjaga Tugu Ikan Belido ini serta ikut melestarilan Ikan belido, dimana Ikan belido sangat menyukai hidup di habitat sungai.

“Kepada masyarakat mari jagalah Tugu Ikan Belido ini, sehingga benar-benar bisa dikanfaatkan sebagai ikon baru Kota Palembang,” pungkasnya. (rgn)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Warga Gandus Keluhkan Jalan Rusak

Palembang, KoranSN Warga Gandus, Minggu (18/2/2018) mengeluhkan kerusakan jalan di kawasan Jalan Lettu Karim Kadir ...

error: Content is protected !!