Jaga Alam Kunci Cegah Karhutla

Pemadaman kebakaran lahan tahun 2019.(foto-istimewa)

Kayuagung, KoranSN

Kolaborasi antar pemangku kepentingan serta bersama menjaga alam merupakn kunci pencegahan kebakaran hutan, lahan dan kebun di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun ini.

Selain itu upaya pencegahan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lebih difokuskan selain upaya pemadaman.

“Saya menekankan kita harus lebih berkomitmen bahwa bencana adalah masalah bersama untuk itu kita harus fokus, terpadu dan terintegrasi menghadapi ini,”kata Wakil Bupati OKI HM Dja’far Shodiq pada Rakor virtual kesiapsiagaan Karhutbunlah 2020 kemarin.

Lebih lanjut dia menegaskan, yang terpenting dalam menghadapi Karhutbunlah yaitu kemauan untuk menjaga alam dan kemauan untuk memadamkan api. “Mari bersama mempersiapkan baik personel maupun alat,”ujarnya seraya berharap agar bencana Karhutla tahun ini dapat terkendali tungkasnya.

Baca Juga :   DPD PAN Prabumulih Dukung 4 Calon Formatur DPW Sumsel

Sebelumnya, segenap elemen di Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI), telah bersiap agar Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dapat diantisipasi lebih dini. Pemkab OKI pun telah menetapkan status siaga darurat bencana asap akibat karhutla sejak 1 Juni hingga 31 Oktober 2020.

Selain itu, semua pihak juga diajak agar bersama-sama menjaga alam dan mencegah terjadinya karhutla yang dapat mengakibatkan bencana kabut asap.

Dinas Perkebunan Kabupaten OKI misalnya, secara intens telah memberikan himbauan dan sosialisasi terhadap para petani dan juga pelaku usaha perkebunan dan kebutanan, agar tidak melakukan tindakan pembukaan lahan dengan cara pembakaran.

Baca Juga :   Cabai & Bawang Mahal, BI & Pemkab OKI MoU

“Ini berdampak pada berbagai masalah mulai dari sosial hingga ekonomi sehingga perlu perhatian dari berbagai pihak,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI Aris Panani SP MSi.

Melihat insiden Karhutlabun tahun-tahun sebelumnya, faktor ekonomi disinyalir menjadi penyebab utama baik untuk berbagai pemenuhan kebutuhan mulai dari pembukaan kebun, tanaman pangan, permukiman dan lain sebagainya. (iso)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pembangunan Flyover Untuk Jalur Kereta Api

Muara Enim, KoranSN Dalam mendukung kemajuan kerjasama pemanfaatan Aset PT.KAI dengan Pemerintah Daerah, dilaksanakan rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.