Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Ekonomi / Jaga Ketahanan Energi Sambut Bulan Suci dan Idul Fitri Pertamina Bentuk Satgas RAFI

Jaga Ketahanan Energi Sambut Bulan Suci dan Idul Fitri Pertamina Bentuk Satgas RAFI

GM RU III Plaju, Yosua I M Nababan bersama GM MOR II Sumbagsel Primarini saat paparan ketahanan energi jelang ramadhan dan Idul Fitri disela sela acara nobar di CGV Social Market Palembang, Kamis (25/4).- (Foto Ferdinand Deffriyansyah/koransn)

Palembang, Koransn
Tidak lama lagi umat Muslim akan bertemu kembali dengan Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriyah. Beragam aktivitas ibadah disaat Bulan Puasa dan kelak arus mudik dan balik lebaran untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman tentunya membutuhkan suplai energi yang baik.

Memastikan kebutuhan energi tidak mengganggu ibadah Puasa bagi yang menjalankan, Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan terus berkomitmen menjaga distribusi dan keamanan stok di seluruh unit bisnisnya. Komitmen ini dituangkan dengan pembentukan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2019 yang akan berdedikasi menjalankan amanah menjaga ketahanan energi mulai H-15 hingga H+15 Idul Fitri 1440H/2019.

Mulai dari kapasitas pengolahan, General Manager Refinery Unit III Plaju, Yosua I. M. Nababan memastikan kilang kebanggaan Sumbagsel ini siap mensuplai kebutuhan energi selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri. “Seluruh produk, Premium, Pertamax, Biosolar, Avtur, LPG, dan Kerosene stoknya kami pastikan cukup dan dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat selama periode Satgas RAFI 2019,” tuturnya.

Yosua menambahkan, kini RU III Plaju per Maret 2019 juga sudah memproduksi 100% lifting B20 untuk didistribusikan. “Totalnya sekitar 1.248 Million Barrel (MB) B20, semuanya didistribusikan ke Terminal BBM Kertapati sekitar 60% dan TBBM Panjang Lampung 40%,” jelas Yosua.

Dari sisi pemasaran, General Manager Marketing Operation Region II Sumbagsel, Primarini juga sudah melakukan pemetaan kebutuhan energi masyarakat berdasarkan analisis tren konsumsi dan juga pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan pemetaan tersebut, menurutnya Pertamina MOR II Sumbagsel sudah melakukan antisipasi untuk peningkatan kebutuhan BBM, LPG, dan Avtur selama Satgas RAFI 2019.

Baca Juga :   Sambut Lebaran, Mercedes-Benz Gelar National Service Week

“Untuk BBM, jenis Gasoline seperti Turbo, Pertamax, Pertalite, Premium mengalami kenaikan sekitar 18.9% dari output hariannya, sedangkan Gasoil seperti Dex, Dexlite, dan Biosolar mengalami penurunan sekitar 13.4%. Hal ini merupakan hal yang wajar karena peningkatan mobil pribadi sebagai moda transportasi saat mudik dan balik Idul Fitri dan pelarangan sementara kendaraan berat melintas selama masa mudik dan balik ini,” ujar Primarini.

Jika dilihat per produk Gasoline, Turbo akan mengalami peningkatan signifikan hingga 100%, Pertamax 38%, Pertalite 24%, dan Premium 7%. Untuk Gasoil, Biosolar diperkirakan berkurang sekitar 14%, sedangkan Dexlite meningkat 9% dan Dex meningkat 42%, peningkatan Dexlite dan Dex dipicu penggunaan mobil pribadi bermesin diesel. Menurut Primarini, lonjakan BBM Non Subsidi ini adalah bentuk perubahan budaya masyarakat yang telah cerdas memilih energi yang lebih baik untuk kinerja dan efisiensi mesin.

Melihat penggunaan lain yang pasti terjadi peningkatan adalah permintaan LPG untuk kebutuhan dapur selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

“LPG juga pasti terjadi peningkatan konsumsi. Untuk LPG PSO/Subisdi diperkirakan naik sekitar 9% sedangkan LPG NPSO/Non Subsidi sekitar 3%. Biasanya lonjakan akan terjadi mendekati Hari Raya Idul Fitri, karenya kami akan antisipasi dengan meningkatkan distribusi dari minggu-minggu sebelumnya,” ujar Primarini.

Baca Juga :   Indosat Masih Bertahan di 3G

Memastikan distribusi LPG dapat berjalan lancar, Primarini juga menyatakan bahwa MOR II Sumbagsel sudah menyiagakan beberapa agen dan pangkalan untuk beroperasi. Di wilayah Sumbagsel saat ini terdapat 300 Agen LPG PSO dan 13.033 Pangkalan LPG PSO, dimana sebanyak 3.910 pangkalan ditunjuk sebagai pangkalan siaga. Untuk LPG NPSO, terdapat 55 Agen yang siap melayani masyarakat.

Kenaikan lain yang dapat terprediksi adalah kebutuhan Avtur karena pesawat sudah menjadi salah satu moda transportasi masyarakat modern. Di Satgas RAFI 2019 ini, prediksi peningkatan kebutuhan Avtur mencapai 29%.

“Tim Satgas RAFI 2019 akan siaga melayani 6 Bandara dan 99 penerbangan yang keluar masuk setiap harinya di bandara tersebut. Antisipasi lain selain distribusi Avtur yang lancar, seperti pengecekan truk pengisian dalam kondisi baik dan personil yang fit juga terus kami pastikan,” ungkap Primarini.

Baik Yosua maupun Primarini berharap bahwa seluruh usaha dan pelayanan distribusi energi bagi masyarakat ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1440H/2019.

“Kami bangga dapat melayani masyarakat. Dengan terjaganya ketahanan energi kami berharap masyarakat dapat menjalankan Ibadah Puasa dan Idul Fitri dengan nyaman dan tenang. Tidak lupa mewakili Pertamina di wilayah Sumbagsel kami mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin dan selamat menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan, semoga kemenangan menjadi milik kita semua di Idul Fitri kelak,” tutup keduanya. (ima)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

PGN Tambah 7 Pelanggan Komersil

Palembang, KoranSn PT Perusahaan Gas Negara Tbk Area Palembang sebagai perusahaan Sub Holding gas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.