Jalan Srijaya Negara Diuji Coba One Way

Arus lalu lintas di Jalan Srijaya Negara yang akan diterapkan sistem satu arah. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Rencana uji coba rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) di Jalan Srijaya Negara dan Jalan Padang Selasa di kawasan Bukit Lama Palembang pada Kamis (11/1/2018) besok, menimbulkan pro dan kontra serta keluhan dari masyarakat serta mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri).

Salah satu mahasiswa Unsri, Candrika (21) mengatakan, dirinya telah mengetahui akan adanya penerapan sistem satu arah dari pemberitaan dan juga Instagram. Untuk itu, ia bersama teman lainnya tidak setuju dengan diterapkannya sistem tersebut, lantaran akses menuju kampus lebih jauh.

Ia menuturkan, meskipun di kawasan Jalan Srijaya Negara ini sering terjadi kepadatan pengendara. Akan tetapi, itu semua terjadi pada jam-jam tertentu, misalnya pada sore dan pagi hari. Untuk itu, kalau diterapkan sistem satu arah, dirasa kurang pas.

“Kalau memang itu bisa membuat jalan tidak macet lagi yah tida masalah, tapi akses kami menuju kampus sendiri menjadi lebih jauh lantaran harus memutar terlebih dahulu ke Jalan Padang Selasa, kalau lewat Jalan Lunjuk Jaya juga malah lebih jauh karena harus melintasi Jalan Demang Lebar Daun,” ungkapnya, Selasa (9/1/2018).

Baca Juga :   Ribuan Obat Ilegal dan Narkoba Dimusnahkan

Sementara, pedagang di seputaran Jalan Srijaya Negara, Hakim (49) menuturkan, bahwa dirinya belum mengetahui informasi terkait akan adanya uji coba rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem satu arah. Untuk itu, yang ia takutkan akan berdampak dengan omset dagangan miliknya.

“Kalau disini diterapkan jalur satu arah yang kami takutkan itu akan berdampak pada omset dagangan karena pengendara tidak bisa melintasi ke arah kanan kalau keluar dari kampus. Rata-rata pelanggan kita mahasiswa, jadi kalau harus memutar jauh kemungkinan mereka tidak mau lagi makan ditempat kami ini,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Agus menjelaskan untuk menerapkan sistem one way di Jalan Srijaya Negara dan Jalan Padang Selasa, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian melalui pembahasan rapat forum lalu lintas Kota Palembang serta pihak perguruan tinggi guna mengstasi kemacetan di setiap persimpangan yang ada disepanjang jalan tersebut.

Baca Juga :   Doa Bersama Kenang Pejuang PLHLM

Menurut Agus, penerapan sistem satu arah ini, akan diuji cobakan selama satu minggu mulai tanggal 11 sampai 18 Januari 2018. Dimana, apabila hasil evalusi menunjukkan perubahan, tidak menutup kemungkinan akan diterapkan secara permanen.

“Semoga dengan diterapkannya sistem satu arah ini, lalu lintas di setiap persimpangan Jalan Srijaya Negara dan Padang Selasa bisa mengalir dan tidak ada yang pengendara yang tersendat di sejumlah titik persimpangan sepanjang Jalan Srijaya Negara ini,” pungkasnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kejati Sumsel Geledah Mess dan Kantor PT PDPDE Terkait Dugaan Korupsi Penjualan Gas

Palembang, KoranSN Jaksa Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumsel, Rabu (2/12/2020) menggeledah dua lokasi terkait …