Home / Editorial / Jalan di Sumsel Makin Banyak Rusak

Jalan di Sumsel Makin Banyak Rusak

KELUHAN untuk  jalan rusak hampir setiap waktu datang di Sumsel, terutama untuk pengguna jalan yang setiap hari melintas.  Bahkan ruas-ruas jalan di pusat kota Palembang pun banyak yang berlobang.Kondisi  jalan yang sangat jarang mulus, membuat semua kegiatan masyarakat terganggu. Ujung-ujungnya perekonomian rakyat menjadi tersendat.

Coba bayangkan begitu banyaknya kerugian yang diderita rakyat dengan rusaknya jalan, mulai dari kecelakaan lalulintas. Terlalu sering terdengar kecelakaan yang disebabkan kondisi  badan jalan yang berlobang, jalan terbis, atau badan jalan yang sempit hingga tak mampu lagi  menampung kendaraan.

Tak hanya itu, jalan yang rusak membuat kemacetan dimana-mana. Tak jarang kemacetan terjadi berjam-jam. Ini membuat kerugian  yang sangat besar, berapa banyak waktu  terbuang, bahan bakar minyak hilang sia-sia, dan yang paling utama perekonomian secara umum menjadi terganggu karena kemacetan ini.

Baca Juga :   Korupsi Masih Membelenggu Kuat

Lalu mengapa semua ini tejadi? Mengapa jalan di wilayah Sumsel banyak rusak? Jawabannya sangat mudah! Kondisi menyedihkan ini disebabkan truk yang bermuatan besar terus melintas. Truk yang membawa batubara, membawa kayu gelondongan, dan membawa material keras dan besar,  dengan seenaknya melalui badan  jalan yang tak seharusnya.

Jelas saja jalan menjadi cepat rusak, lobang selalu ada, jalan terbis dimana-mana, dan kemacetan panjang terjadi. Karena truk dan mobil besar inilah penyebabnya.

Sudah saatnya pemerintah provinsi berkoordinasi dengan pemerintah daerah/kota untuk membenahi kondisi ini. Harus ada ketegasan untuk mengatasi keluhan rakyat ini. Ada semacan paradigma di rakyat, kalau ada perbaikan jalan tak akan bertahan lama, karena paling beberapa bulan saja akan rusak lagi.

Baca Juga :   Hati-hati! Ancaman Terorisme di Depan Mata

Sudah terlalu lama keluhan warga Sumsel untuk  jalan rusak ini. Kapan penderitaan jutaan pengguna jalan di Bumi Sriwijaya ini akan terjawab. Semua bisa dilakukan asal ada kemauan dan itikad yang baik. (Agus Harizal)

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Pengabdian Tanpa Akhir Sang Mantan Gubernur Sumsel

  Oleh Zulkarnain Alregar KETIKA pertama kali Provini Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.