Selasa , Oktober 23 2018
Home / Headline / Jaringan Pengedar Narkoba Palembang Dibekuk di Surabaya, 9 Kg Sabu & Ribuan Ekstasi Diamankan

Jaringan Pengedar Narkoba Palembang Dibekuk di Surabaya, 9 Kg Sabu & Ribuan Ekstasi Diamankan

Aparat mengamankan 6 orang pelaku berikut barang bukti narkoba yang dikemas produk makanan. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Aparat kepolisian Ditresnarkoba Polda Sumsel menangkap enam tersangka yang merupakan jaringan pengedar Palembang yang menyelundupkan narkoba jenis sabu ke Surabaya. Adapun keenam tersangka tersebut yakni; ‘OK’ (23), warga Surabaya, ‘TR’ (21), warga Surabaya, ‘CS’ (22), warga Tuban, ‘MH’ (38), warga Pasuruan, ‘FD’ (22), warga Banyuwangi dan ‘AH’ (24), warga Jember.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Senin (16/4/2018) mengatakan, tertangkapnya keenam tersangka bermula dari temuan paket berisi 3 Kg sabu dan 4.950 butir ekstasi warna biru berlogo ‘R’ yang ditinggalkan pemiliknya di bandara pada Kamis 22 Maret 2018 lalu. Kemudian polisi melakukan penyelidikan dengan menggali informasi hingga akhirnya ditangkap keenam tersangka saat berada di Surabaya.

“Di Surabaya awalnya kita menangkap ‘OK’, dari penangkapan ini diamankan 3 Kg sabu yang disimpan di stagen yang dililitkan di tubuh tersangka. Kemudian, dikembangkan hingga di Surabaya kami juga menangkap tersangka ‘TR’, ‘CS’, ‘MH’, ‘FD’ dan ‘AH’ dengan barang bukti paket berisi 3 Kg sabu. Jadi jika semua barang bukti ditotalkan dengan temuan paket berisi sabu dan 4.950 butir ekstasi di kawasan Bandara SMB II Palembang belum lama ini, maka total jumlah sabu yang diamankan yakni 9 Kg sabu,” ujarnya.

Baca Juga :   Ayah Gauli Anak Kandung Hingga Melahirkan

Diungkapkan Kapolda, walaupun keenam tersangka tersebut berhasil ditangkap namun untuk pelaku yang pembawa sabu dan ribuan ekstasi yang ditemukan petugas di Bandara SMB II Palembang belum berhasil ditangkap Polda Sumsel.

“Untuk pelaku yang membawa sabu dan ribuan ekstasi di bandara belum kami tangkap, tapi mereka ini satu kelompok jaringan pengedar narkoba dengan enam pelaku yang kami tangkap di Surabaya. Dari itu mereka adalah jaringan pengedar narkoba Palembang,” ungkapnya.

Lanjut Kapolda, dengan ditangkapnya keenam tersangka maka pihaknya saat ini masih melakukan pengembangan guna menangkap para pelaku yang belum tertangkap.

“Sedangkan untuk semua barang bukti narkoba yang diamankan tersebut memang dibawa para tersangka dari Palembang. Akan tetapi, sebelumnya sabu dan ribuan ekstasi itu diselundupkan masuk ke Palembang dari Riau, Aceh dan juga Sumatera Utara. Jadi di Palembang hanya tempat transit,” jelasnya.

Baca Juga :   Tergiur Upah Rp 1,4 Juta Tukang Ojek Nekat Bawa Narkoba 1 Miliar Lebih

Lebih jauh dikatakan Kapolda, para tersangka menyelundupkan sabu ke Surabaya melalui jalur darat. Bahkan untuk mengelabuhi petugas berbagai cara dilakukan para tersangka, misalnya seperti; menyimpan sabu di stagen hingga menaburkan serbuk kopi di paket berisi sabu yang tujuannya agar tidak terdektesi jika ada petugas kepolisian melakukan pemeriksaan menggunakan anjing pelacak.

“Namun modus ini bukan modus baru, ini usaha mereka untuk mengelabuhi anggota, tapi masih juga mereka tertangkap,” jelas Kapolda.

Lebih jauh Kapolda mengungkapkan, dalam kasus ini keenam tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2), Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 132 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Untuk ancaman hukuman pidananya yakni, 20 tahun penjara, pidana seumur hidup atau pidana mati,” tandas Kapolda.

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Rampas Samurai Saat Bentrok, Security PT Lonsum di Lahat Tewas Dibacok

Palembang, KoranSN Security PT Lonsum, Ristal Alam (27) tewas dibacok senjata tajam (Sajam) jenis golok ...

error: Content is protected !!