Jaringan XL Didukung Layanan 4G LTE

Petugas Call Center XL yang siap melayani pelanggan saat tahun baru. (foto: Soimah)
Petugas Call Center XL yang siap melayani pelanggan saat tahun baru. (foto: Soimah)

Palembang, SN

Liburan panjang menyambut Tahun Baru telah dimulai. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diprediksi akan terjadi kenaikan trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data dibandingkan hari-hari normal. Untuk itu, demi memberikan layanan yang tetap berkualitas dan memenuhi harapan pelanggan, PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyiapkan jaringannya supaya tetap prima mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik.

”Jaringan kami siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru. Meski begitu, kami tetap memastikan aspek di network benar-benar siap. Prediksi kami, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS,”ujar Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya,kemarin.

Selama Tahun Baru dikatakannya, XL memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan Data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%.

Baca Juga :   Honda New CB150R Tangguh untuk Berpetualang

Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu.

“Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan XL cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services. XL juga melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas, dan juga melakukan optimisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan trafik,” ujarnya.

Menurutnya, jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi MSC pool dan SGSN in pool secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Selain itu, XL juga sudah mengantisipasi potensi lonjakan/kenaikan traffic dari setiap layanan, termasuk dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-4 x lipat kondisi traffik normal. Saat ini XL melayani sekitar 41,5 juta pelanggan secara nasional, dengan dukungan lebih dari 56 Ribu BTS (BTS 2G/3G/4G). Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 37 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia. (ima)

Baca Juga :   ASUS ZenFone Max Pro M1 Berdaya Besar
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Suarakan Kebangkitan UMKM, Ralali.com Perluas Jangkauan ke Palembang

Palembang, KoranSN Di tengah tantangan bisnis selama masa pandemi COVID-19, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.