Home / Politik dan Pemerintahan / Jelang Asian Games, Amerika Bakal Bantu Sumsel

Jelang Asian Games, Amerika Bakal Bantu Sumsel

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat berjabat tangan dengan konsulat AS untuk Sumatera, Y Robert Ewing di Griya Agung
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat berjabat tangan dengan konsulat AS untuk Sumatera, Y Robert Ewing di Griya Agung. FOTO-HUMAS PEMPROV

Palembang, KoranSN

Jelang Asian Games mendatang, Pemerintah Amerika Serikat bakal membantu Sumatera Selatan (Sumsel). Demikian diungkapkan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Y Robert Ewing usai pertemuan dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Kamis (7/4/2016).

“Mei mendatang, delegasi dari Amerika Serikat bakal ke Sumsel untuk membahas apa saja yang akan diperbantukan ini,” katanya

Dijelaskannya, Amerika Serikat dan Sumsel sudah menjalin kemitraan sejak lama baik tentang kebudayaan dan lain sebagainya. Namun, menjelang Asian Games ini pihaknya berencana untuk membantu agar pelaksaan dapat berjalan lancar.

“Ya, bisa saja nantinya bantuan ini tentang energi, sistem keamanan dan teknologi serta program-program pendidikan dan kesehata,” ujarnya.

Dirinya mengaku senang dapat kembali ke Sumsel serta dapat menjalin kembali kemitraan dengan Sumsel mengingat Sumsel adalah provinsi yang maju dan pertumbuhan ekonomi di Sumsel sangat baik.

Baca Juga :   Demokrat Tegaskan Ketua DPC Minimal Lulusan SMA

“Nantinya juga akan ada beberapa Universitas di Amerika yang sangat tertarik untuk menjalin kemitraan dengan universitas di Sumsel untuk bidang seni,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menambahkan saat ini masih dalam proses penjajakan terlebih dahulu, namun Mei mendatang akan dibahas secara serius dengan beberapa delegasi serta duta besar terkait dengan bantuan dan kerjasama lainnya.

“Mungkin nantinya menjelang Asian Games ini mereka akan membantu energi,” katanya.

Kemitraan dengan Amerika Serikat, lanjut Alex telah lama dilakukan hal tersebut terbukti banyaknya perusahaan Amerika di Sumsel seperti Conoco Philips, Carterpillar dan beberapa perusahaan lainnya.

Baca Juga :   Kasus OTT Banyuasin, Yan Anton Cs Janji Ungkap Perkara Korupsi Lainnya

“Kebanyakan mereka ini kerjasamanya lebih ke Infrastruktur,” terangnya.

Selain membahas kerjasama, Alex menambahkan, nantinya menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Amerika Serikat yang diperingati 4 Juli mendatang, ada serangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan di Provinsi Sumsel, dengan mengundang seluruh Gubernur se Sumatera.

“Nantinya dalam rangkaian kegiatan ini akan dimeriahkan penampilan band angkatan laut Amerika,” katanya.

Rangkaian kegiatan ini juga merupakan bentuk kerjasama antara AS dan Sumatera. Untuk lokasi penyelenggaraan rangkaian peringatan HUT AS ini sendiri, dirinya belum dapat memastikannya.

“Bisa saja nantinya akan diselenggarakan di Griya, tapi kita lihat dulu jumlah tamu yang akan datang,” tandasnya. (wik)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Wagub Evaluasi Kinerja Bank Milik Daerah

Palembang, KoranSN Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ir H Mawardi Yahya kembali memimpin langsung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.