Jelang Pilkada Mura, Bawaslu Evaluasi Sentra Gakkumdu

Khoirul Anwar. (foto-ist)

Musirawas, KoranSN

Persiapan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020 ini, Bawaslu mengadakan rapat koordinasi (rakor) evaluasi Sentra Gakkumdu, serta persiapan pembentukan Sentra Gakkumdu di Pilkada 2020.

Komisioner Bawaslu Mura, Khoirul Anwar mengatakan, selain evaluasi tujuan dilakukannya rakor karena mekanisme penanganan pelanggaran tindak pidana Pemilu 2019 berbeda dengan Pilkada 2020.

Hal ini dikarenakan, dasar hukum dan petunjuk teknisnya yang berbeda, seperti Sentra Gakkumdu hanya diberikan waktu tiga ditambah dua hari kalender untuk melakukan pengumpulan bukti-bukti, klarifikasi, penyelidikan dan kajian terhadap temuan atau laporan dugaan tindak pidana setelah register.

Baca Juga :   Sumsel Masuk Nominasi Indonesia Attractiveness Award 2018

Sedangkan waktu penanganan dugaan tindak pidana pada Pemilu 2019 Sentra Gakkumdu diberikan waktu 14 hari kerja dalam penanganan temuan atau laporan setelah diregister untuk membuktikan terpenuhinya unsur dugaan pidananya.

Menurutnya, peran kepolisian dan penyidikan melakukan pendampingan kepada Bawaslu saat menerima hingga memproses temuan atau laporan pelanggaran tindak pidana pemilu sudah diatur dalam konstitusi. Pola kerja kedepan mengedepankan pencegahan secara preventif dan memberi pemahaman kepada masyarakat, untuk mengawal pesta demokrasi.

“Setelah Sentra Gakkumdu terbentuk, kita akan melakukan supervisi ke kecamatan dan patroli bersama. Serta menggiatkan sosialisasi untuk menghindari pelanggaran tindak pidana di Pilkada, baik disengaja maupun tidak disengaja,” ujarnya. (rif)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Garuda Buka Kembali Layanan Penerbangan, Herman Deru: Ini Saatnya Meningkatkan Ekonomi

Palembang, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru menerima audiensi PT Garuda Indonesia dalam rangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.