Home / Kota Musi / Jelang Ramadhan, Dinsos Rutin Tertibkan Anjal dan Gepeng

Jelang Ramadhan, Dinsos Rutin Tertibkan Anjal dan Gepeng

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Palembang, KoranSN

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang, Faizal AR mengungkapkan, memasuki bulan Ramadhan tahun ini, pihaknya rutin menertibkan Anak Jalanan (Anjal), Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) yang terbiasa berkeliaran di jalanan. Hal ini dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat banyak.

Di tahun ini, menurut Faisal, jumlah Anjal dan Gepeng yang ada di Palembang berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.

“Saudara kita yang biasa ada di jalan itu sudah mulai berkurang. Secara perlahan kita akan rutin memberikan pembinaan kepada mereka agar jangan lagi seperti itu. Dan kita pun tiap hari non stop menyisiri wilayah Palembang mengecek masih adakah atau tidak gepeng ini,” terangnya, saat diwawancarai rumah dinas Walikota Palembang, Minggu (17/4/2016).

Baca Juga :   Prajurit Yonzipur 2/SG Jadi Champion AARM Singapura 2017

Di awal tahun 2016 ini, lanjutnya, cukup menurun drastis. Tahun 2015 lalu berjumlah 500 lebih namun kini, tercatat 290 yang masih terlihat berkeliaran di jalanan.

“Angka ini didapat dari hasil survey tim kami di lapangan. Kita pantau dulu gerak-geriknya barulah setelah itu dijaring dan dibina di panti sosial milik Pemkot,” ujarnya.

Meskipun telah rutin ditertibkan, Faisal mengakui, para gepeng dan anjal tersebut masih sering membandel dengan mengulangi pekerjaan mereka seusai dilepas dari binaan.

“Kita mengakui saudara kita yang di jalanan tersebut sering bandel denagan mengulangi pekerjaannya saat dilepas dari binaan panti. Untuk itu, kita sekarang memberikan sanksi tegas kepada mereka yang kedapatan lagi berkeliaran dijalan, yakni harus menerima binaan yang lebih ekstra agar tidak berbuat hal yang sama lagi,” tegasnya.

Baca Juga :   Baru 31,64 Jiwa Penduduk Sumsel Melek Keuangan

Bukan hanya itu, pihaknya pun sudah bekerjasama dengan tim gabungan dari personel TNI-Polri dan Pol PP Palembang untuk mewujudkan komitmen Palembang bebas dari anjal dan gepeng sebagaimana yang diinstruksikan oleh Walikota Palembang.

“Menyambut Asian Games kita harus bekerja ekstra. Ada 84 panti yang kita miliki untuk membina mereka supaya sadar dan mendapatkan pendidikan yang layak,” imbuhnya. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa Kodim Palembang Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi

Palembang, KoranSN Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan yang rawan kebakaran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.