Home / Nasional / Jokowi 74,8%, Prabowo 25,2%

Jokowi 74,8%, Prabowo 25,2%

Suasana Pemilu 2019 di Penang Malaysia. (foto-net/detiknews.com)

Penang, KoranSN

Proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 bagi WNI di wilayah Penang, Malaysia, telah rampung. Pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Informasi tersebut disampaikan Konsul Pensosbud KJRI Penang Osrinikita Zubhana dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Senin (22/4/2019). Pemilu 2019 di wilayah kerja KJRI Penang telah diselenggarakan sejak 8 April hingga 14 April 2019.

Niki mengatakan secara umum pelaksanaan Pemilu 2019 di Malaysia, termasuk Penang, relatif lancar, aman, dan tertib. WNI di wilayah Penang, Kedah, dan perlis sangat antusias mengikuti pesta demokrasi ini. Ini terlihat dari jumlah pemilih sebanyak kurang-lebih 32 ribu orang atau lebih dari 50 persen daftar pemilih tetap (DPT).

Baca Juga :   Polisi Tangkap Pejabat Kemenag Dalang Pungli Dana Masjid di Lombok

Penghitungan suara dilakukan pada 17 April 2019, mengikuti waktu penghitungan suara di Indonesia. Setelah berlangsung selama 22 jam nonstop, penghitungan suara rampung pada 18 April 2019. Hasilnya: pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin: 74,8% (23.703 suara), sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 25,2% (7.987 suara)

Untuk pemilihan calon anggota DPR, PDIP memimpin perolehan suara sebanyak 35,2%, diikuti Partai Gerindra (10,2%), PKS (9,1%), Partai Golkar (9,1%), dan Partai Demokrat (7,2%) di urutan kelima.

Niki menambahkan, Konjen RI Penang bersyukur atas kelancaran keseluruhan proses pemilu di Penang, sejak diselenggarakannya pemungutan suara hingga proses rekapitulasi selesai pada 22 April 2019. Menurutnya, sukses penyelenggaraan pemilu di Penang tidak lepas dari kerja sama yang baik antara PPLN, Panwaslu, dan KJRI Penang. (detikcom)

Baca Juga :   Jokowi Unggul di Quick Count, Megawati: Tunggu Hasil Resmi KPU
Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Ombudsman Telusuri Potensi Mal-administrasi Kasus Baiq Nuril

Jakarta, KoranSN Ombudsman RI menelusuri potensi terjadinya maladministrasi di setiap tahapan penanganan kasus yang menimpa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.