Home / Gaya Hidup / Jumputan Palembang Miliki Motif dan Warna Identik

Jumputan Palembang Miliki Motif dan Warna Identik

Dian Pelangi bersama influencer menunjukkan hasil karya workshop Jumputan Palembang di Lynne. (foto-soimah/koransn)

Palembang, KoranSN

Palembang atau Sumsel secara umum memiliki batik khas sendiri. Batik Palembang mempunyai ragam dan macam sering disebut jumputan Palembang, yang kadang disebut juga kain Pelangi. Dengan motif dan warna khas identik membuat Jumputan Palembang mudah dikenali. Hal tersebut dikatakan designer busana muslim, Dian Pelangi saat roadshow workshop ABC Coffeetone X You di Lynne Cafe Palembang, Rabu (9/10/2019).

Dikatakannya, ragam batik Palembang bukan hanya jumputan tetapi ada Tajung, Blongsong, Prada, Batik Jupri dan lain sebagainya. Untuk Kain Jumputan atau Kain Pelangi adalah kerajinan kain yang dihasilkan dengan teknik jumputan, mengikat dan merendam untuk menghasilkan motif tertentu.

Proses pembuatan Jumputan dijelaskannya, dimulai membuat pola, lalu mengikat erat bagian bagian-bagian tertentu yang dikehendaki kemudian mencelupkannya ke larutan pewarna sesuai keinginan. “Supaya aman, beberapa pengrajin menggunakan bahan pewarna alami seperti gambir, bunga kecubung, kayu damar, nila dan lain-lain,”ujarnya.

Baca Juga :   10 Startup Teratas Indonesia: DokterSehat

Dikatakannya, kendala yang dihadapi jumputan kurang diminati terletak pada kualitas. Terkadang pada sistem pewarnaan yang luntur sehingga membuat konsumen egan membeli jumputan. “Karena itu kita perlu menjaga kualitas dalam hal pewarnaan agar tidak luntur juga pada motif dan warna,”tutur designer asal Palembang ini usai menjadi narasumber workshop yang dihadiri para influencer di Kota Palembang.

Dikatakan wanita yang menjadi brand ambasador ABC Instant White Coffee ini, ia merasa tertantang untuk mengembangkan kain jumputan Palembang menjadi trend busana muslim yang dikenal hingga mancanegara. Karena itu melalui New York Fashion Week bersama Kopi ABC, ia memperkenalkan trend warna Coffeetone yang menjadi awal mula kegiatan ABC Coffeetone X You.

Sementara itu Digital Media Manager PT Santos Jaya Abadi, Devie Diana menjelaskan, ABC Coffeetone X You adalah kompetisi pencarian bakat untuk Design Modest Fashion yang diadakan Kopi ABC sejak 2017. Coffeetone terinspirasi dari paduan rasa dan warna secangkir kopi ABC Instant White Coffee serta karakter wanita Indonesia.

Baca Juga :   NCT Dream Belum Sempat Cicipi Makanan Khas Indonesia

“Kolaborasi ABC Instant White dengan Dian Pelangi yang telah memasuki tahun ketiga ini kembali akan melahirkan karya-karya fashion yang mencerminkan gambaran dari karakter perempuan Indonesia yang hangat, ramah dan lembut, tanpa melupakan karakter lainnya seperti bersemangat, kuat dan pintar,”jelasnya.

Coffeetone x You 2019 dikatakannya, menjadi ajang kompetisi pencarian bakat untuk Design Pattern Hijab. Para desainer bisa menuangkan kreasi mereka dalam bentuk pattern hijab yang kemudian diunggah ke microsite coffeetone.kopiabc.co.id. Palembang adalah kota ketiga yang disinggahi selanjutnya yang akan menjadi venue dari workshop adalah Bandung pada 16 Oktober dengan Chiki Fawzi sebagai narasumber.

“Jakarta menjadi kota terakhir yang disinggahi pada 23 Oktober mendatang yang akan dipandu Jenahara Nasution,”pungkasnya. (ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Billboard Unik Justin Bieber di Warung STMJ Hiasi Kota Pekanbaru

Pekanbaru, KoranSN Gambar musisi Justin Bieber berukuran besar yang menunjukkan dirinya menjadi penata suara di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.