Home / Headline / Kabag Keuangan Pemkot Palembang Ditahan di Rutan Merdeka

Kabag Keuangan Pemkot Palembang Ditahan di Rutan Merdeka

Terdakwa Anda Rani Murbiastuti saat akan dibawa ke Rutan Merdeka Palembang. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Sekretariat Daerah Pemkot Palembang, Anda Rani Murbiastuti ST MM (44), yang merupakan terdakwa dugaan korupsi pengadaan lift Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang tahun 2015, Senin (12/11/2018) ditahan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Klas I A Palembang di Rutan Merdeka Palembang.

Hal tersebut terungkap saat Ketua Majelis Hakim Abu Hanifah SH MH dengan Hakim Anggota Imam Santoso SH MH dan Suryadi S. Sos SH MH yang menyidangkan terdakwa membacakan penetapan penahanan di dalam persidangan.

Selain melakukan penahanan terhadap terdakwa Anda Rani Murbiastuti selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan lift di Kantor BPKAD Palembang 2015 ini, Majelis Hakim juga melakukan penahanan kepada terdakwa Ir Mardjuki MT (48) selaku pihak rekanan pada pelaksana pekerjaan pengadaan lift tersebut. Terdakwa Mardjuki ditahan di Rutan Pakjo Palembang.

Ketua Majelis Hakim, Abu Hanifah SH MH mengatakan, penahanan kedua terdakwa yang sebelumnya tidak ditahan oleh jaksa saat tahap penyidikan dilakukan untuk kepentingan persidangan perkara dugaan korupsi pengadaan Lift BPKAD Kota Palembang yang kini sedang dalam tahap persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Klas I A Palembang.

Baca Juga :   Pencuri Motor di Lubuklinggau Selatan Dilumpuhkan

“Dengan ini kami Majelis Hakim yang menyidangkan perkara dugaan korupsi ini menetapkan terdakwa Anda Rani Murbiastuti dan terdakwa Mardjuki ditahan selama 30 hari kedepan di rumah tahanan negara (Rutan). Dimana untuk terdakwa Anda Rani Murbiastuti kami tahan di Rutan Merdeka Palembang, sedangkan untuk terdakwa Mardjuki ditahan di Rutan Pakjo Palembang,” tegas Hakim saat membacakan penetapan penahanan kedua terdakwa.

Terdakwa Anda Rani Murbiastuti dan Mardjuki saat menjalani sidang di PN Tipikor Palembang.

Menurut Hakim, dengan dilakukan penetapan penahanan terhadap kedua terdakwa maka pihaknya selaku Majelis Hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melakukan penahanan kepada kedua terdakwa.

“Jadi kepada JPU kami perintahkan agar kedua terdakwa dilakukan penahanan,” ujar Ketua Majelis Hakim, Abu Hanifah SH MH.

Husni Candra Kuasa Hukum terdakwa Anda Rani Murbiastuti dalam persidangan mengungkapkan, jika pihaknya akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan.

“Yang Mulia Majelis Hakim dengan adanya penetapan penahanan tersebut maka kami akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan untuk klien kami,” katanya menanggapi penetapan penahanan terdakwa yang dibacakan Majelis Hakim.

Ronald Kuasa Hukum terdakwa Mardjuki juga mengungkapkan hal yang sama, jika pihaknya juga akan mengajukan penangguhan penahanan.

Baca Juga :   Suami Ajak Isteri Jualan Ekstasi

“Kami juga akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan untuk klien kami Yang Mulia Majelis Hakim,” ujarnya dalam persidangan.

Usai mendengar tanggapan dari masing-masih kuasa hukum terdakwa, selanjutnya Majelis Hakim menutup persidangan kedua terdakwa dan akan kembali melanjutkan persidangan pada minggu depan.

Diberitakan sebelumnya, adapun nilai proyek pengadaan lift di Kantor BPKAD Kota Palembang tahun 2015 tersebut yakni senilai Rp 1,4 miliar. Dari hasil penyelidikan jaksa Kejari Palembang ditemukan bukti dugaan terjadinya pidana korupsi dalam proyek tersebut sehingga membuat negara mengalami kerugian Rp 310 juta.

Sementara selama proses penyidikan hingga dilakukan tahap dua dari jaksa penyidik ke jaksa penuntut umum, Anda Rani Murbiastuti dan Mardjuki tidak ditahan oleh jaksa. Hal ini dikarenakan jaksa menilai jika keduanya kooperatif, tidak menghilangkan barang bukti, tidak mengulangi perbuatan yang sama serta adanya pengembalian uang kerugian negara senilai Rp 249 juta lebih dari Mardjuki selaku pihak rekanan dalam dugaan kasus ini. (ded)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kepergok, Pencuri Gas Elpiji 3 Kg di Lubuklinggau Nyaris Diamuk Massa

Lubuklinggau, KoranSN Kepergok mencuri dua buah tabung gas elpiji ukuran 3 Kg, seorang anak laki-laki ...