Kaban PMPTSP Mura: Masih Ada Reklame tak Berizin

Yudi Fachriansyah Kepala BPMPTSP Musirawas. (foto-rifat/koransn)

Musirawas, KoranSN

Masih ada baleho dan reklame di sejumlah kecamatan di Kabupaten Mura yang belum mengantongi izin meskipun sudah membayar pajak. Sehingga, reklame tersebut ditertibkan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Mura, Yudi Fachriansyah, Rabu (11/12/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya perlu mempertegas mengenai izin. Sebab, selama ini mereka yang sudah membayar pajak ke Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) beranggapan bahwa selesai urusan itu, maka selesai pula urusan perizinan.

“Sekarang itu harus kita pertegas, bahwa bayar pajak reklame itu, itu bukan izin. Sekarang itu banyak, begitu dia sudah bayar pajak ke BPPRD, dia anggap itu sudah selesai urusannya disitu. Tidak sampai ke kita,” ujarnya.
Ia mengungkapkan bahwa izin reklame itu perizinannya ada di DPMPTSP. Jadi bukti setor bayar pajak tersebut merupakan salah satu syarat untuk pihaknya menerbitkan izin.

Baca Juga :   Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kayuagung Dites Urine

“Jadi orang itu kan banyak misalnya seperti sekarang rokok-rokok, dia rupanya sudah bayar pajak, dia tidak mengajukan perizinannya ke kami. Nah, itu kan mestinya harus dipertegas oleh yang mau ngajukan izin reklame itu. Sebab perizinan itu dikami,” ujarnya.

Kejadian itu diakui sudah beberapa kali terjadi. “Mereka beranggapan sudah bayar pajak, sudah selesai. Jadi begitu camat kroscek ke kami mana data-data reklame yang sudah ngurus izin, kami sampaikan tidak ada. Makanya camat melakukan penertiban itu,” ungapya

Seain itu, sejauh ini pihaknya dalam hal pelayanan perizinan sudah melaksanakan sistem online dengan menggunakan dua aplikasi. Tak hanya itu, program pelayanan perizinan di tempat juga tetap diteruskan.

Baca Juga :   Ida Fitriati Ambil Formulir PDIP

“Dari kecamatan juga kan sekarang sudah menerapkan Paten (pelayanan administrasi terpadu). Kami mungkin melaksanakan perizinn ditempat. Kami mendekatkan pelayanan ke masyarakat,” bebernya.

Menurut mantan Camat Selangit ini, adanya sistem pelayanan online sudah tentu kapanpun dan dimanapun mereka bisa mengajukan perizinan.

“Cuma sebagian masyarakat kita belum ngerti untuk memanfaatkan aplikasi. Makanya kami lakukan dititik-titik ternetu yang kira-kira memang masyarakat banyak untuk dilayani,” ujarnya. (rif)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Peringatan HUT OKI Diagendakan Sederhana & Terbatas

Kayuagung, KoranSN Peringatan HUT ke-75 Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun ini akan digelar berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.