Home / Kota Musi / Kabut Asap Ancam Sumsel!

Kabut Asap Ancam Sumsel!

Perkiraan cuaca di wilayah Sumsel. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Masyarakat diharapkan waspada dengan kabut asap (Smog) yang kedepan melanda dan mengancam Sumsel usai hujan dengan intensitas deras terjadi.

Kasi Observasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bambang Benny Setiaji, Minggu (21/7/2019) mengatakan, ancaman kabut asap (Smog) yang timbul disebabkan adanya awan stratus di permukaan langit hingga menimbulkan kabut bercampur dengan asap yang kemudian kabu asap muncul saat hujan selesai. Akibat adanya kabut asap ini, tentunya dapat menganggu jarak pandang bagi masyarakat terutama pengendara kendaraan.

Dijelaskannya, jika fenomena ini sangat berdampak menjelang pagi hari dan akan berangsur membaik disaat menjelang siang harinya.

Baca Juga :   Kasdam Hadiri Festival Kuliner dan Telok Abang 2019

“Untuk itu beberapa hari kedepan atau 3 hari hingga 5 hari, kami menghimbau agar masyarakat berhati-hati dengan menjaga jarak saat berkendaraan baik transportasi darat maupun transportasi air dan udara,” himbaunya.

Masih dikatakannya, fenomena kabut asap (Smog) usai hujan yang melanda Sumsel ini terjadi berawal karena berakhirnya Badai Tropis Danas di Laut Cina Selatan yang mengakibatkan melambatnya massa udara Muson Australia yang berhembus sehingga udara mengalami belokan ke wilayah Sumatera Selatan.

“Selain itu, juga ada pusaran di Selat Karimata yang menyebabkan pertemuan udara yang banyak mengandung uap air. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya hujan di wilayah Sumsel dan menimbulan kabut asap. Bahkan dari pemantauan BMKG, hujan yang hari ini terjadi (kemarin) hampir menyelimuti seluruh wilayah Sumsel, terutama di wilayah Kabupaten OI, OKI, Banyuasin dan Muba,” terangnya.

Baca Juga :   Kemenhub RI Resmi Serahkan 50 Unit Bus untuk Palembang

Lebih jauh dikatakannya, dengan adanya fenomena yang terjadi tersebut membuat wilayah Sumsel dilanda hujan sampai beberapa hari kedapan.

“Sebenarnya hingga kini kondisi Sumsel masih musim kemarau, apalagi beberapa hari belakangan ini kan ada timbulnya beberapa titik panas akibat kebakaran lahan gambut di wilayah Sumsel. Namun karena adanya fenomena ini, membuat Sumsel dilanda hujan,” pungkasnya. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Bangga Anak-Anak Sumsel Diajarkan Cinta Sejarah Sejak Dini

Palembang, KoranSN Bintang kecil di langit yang biru Amat banyak menghias angkasa Aku ingin terbang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.