Kabut Asap, Tamu Hotel Menurun

Loby hotel Aston Palembang                                                                                                               Foto-SN/FERDINAND

Palembang, SN

Kabut asap yang melanda sebagian besar kota di Indonesia termasuk Palembang yang tak kunjung menyusut berdampak pada beberapa sektor bisnis selain meruginya beberapa maskapai penerbangan berpengaruh juga pada tingkat  kunjungan tamu ke hotel-hotel menurun. Hal tersebut dikatakan Ketua Himpunan Perhotelan Sumsel, Herlan Asfiudin, kemarin.

“Sejak musim kemarau apalagi sejak kabut asap melanda, tamu-tamu yang menginap di hotel jadi menurun serta beberapa kegiatan yang biasa digelar di hotel juga sepi,”tegasnya.

Meskipun pernah adanya larangan mengadakan rapat ataupun kegiatan sejenisnya di perhotelan. Namun, penurunan tidak separah saat kabut asap terjadi. Penurunan okupansi sekitar 30 %, akibatnya pihak hotel membuat beberapa terobosan atau promo-promo agar operasional hotel dapat berjalan seperti biasa.

Baca Juga :   Shopping Vaganza di PIM Berhadian Motor

Pendapatan terbesar dari hotel dikatakannya, berasal dari tamu-tamu luar kabupaten/kota maupun provinsi yang mengadakan rapat ataupun kegiatan di Palembang. Tetapi dengan adanya kabut asap, tamu-tamu dari luar Palembang engan untuk berkunjung ataupun mengadakan kegiatan di Palembang dengan berbagai faktor seperti bandara ditutup, pesawat delay dan transportasi yang tidak lancar.

Dicontohkannya, ada beberapa kegiatan seminar berskala nasional yang akan digelar di Palembang. Disebabkan kabut asap banyak peserta yang mengundurkan diri akibatnya seminar yang semestinya diadakan di Palembang dialihkan ke tempat lain. “Hal ini mempengaruhi tingkat kunjungan dan pendapatan hotel-hotel yang ada di Palembang. Untuk itulah kita sedang mencari strategi agar operasional hotel bisa stabil seperti hari biasa,” pungkasnya. (ima)

Baca Juga :   UMKM Sulit Dapat Dana dari Bank
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

XL AXIATA Raih Penghargaan Internasional ACES

Palembang, KoranSN PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali berhasil mendapatkan penghargaan tingkat internasional. Penghargaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.