Home / Dari Desa ke Desa / Kades Air Itam Timur Ajak Warga Jaga Kebersihan

Kades Air Itam Timur Ajak Warga Jaga Kebersihan


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Tumpukan sampah di pinggir Jalan Desa Air Itam Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).(foto-anas/koransn)

PALI, KoranSN

Kepala Desa (Kades) Air Itam Timur PALI, Ferry mengajak dan menghimbau warganya agar menjaga kebersihan lingkungan tetap bersih dan membuang sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah sementara yang telah disediakan pemerintah desa.

Himbauan tersebut dilakukannya untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa Air Itam yang menumpuk di pinggir Jalan Desa Air Itam Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), bahkan sampah tersebut masuk ke perairan.

Menurutnya, upaya menggugah kesadaran masyarakat terus disosialisaikan pemerintah desa dengan memasang papan peringatan di setiap tumpukan sampah yang dibuang di pinggir jalan agar tidak lagi membuang di tempat itu. Bahkan didinya selaku Kades telah menghibahkan lahan untuk menampung sampah.

Baca Juga :   Murah! Beras Medium Rp 8.500/Kg di Desa Mart

“Kami telah hibahkan tanah seluas lebih kurang satu hektare, diperuntukkan untuk tempat pembuangan sampah. Namun, warga masih saja memelihara kebiasaannya dengan menumpuk sampah dipinggir jalan,” ungkap Ferry, Rabu (15/5/2019).

Tumpukan sampah lanjutnya, selain merusak pemandangan juga menimbulkan aroma menyengat hingga menganggu pernapasan ketika melintas di sekitar tumpukan sampah itu. Bahkan bisa mengancam kesehatan warga karena bau busuk mengundang lalat serta nyamuk.

“Lalat cukup banyak dan sebagian lalat itu masuk ke rumah-rumah warga, tentunya apabila lalat itu hinggap di makanan dan masuk ke perut kita, akan menyebabkan banyak penyakit.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Minta Dana Desa Dimanfaatkan Maksimal

Disamping itu, nyamuk juga banyak, akibat genangan air pada bekas botol maupun kaleng bekas yang dibuang warga. Untuk itu, kami tidak pernah berhenti mengingatkan warga agar menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah dipinggir jalan,” urainya.

Kades juga meminta kepada Pemda PALI agar membantu penyediaan motor sampah untuk mengangkut sampah dipinggir jalan kemudian dipindahkan ke lahan TPA sementara.

“Dalam pembagian motor sampah tahun lalu, desa kami tidak kebagian, tetapi kami berharap tahun ini, Pemkab melalui Dinas LH membantu desa Air Itam Timur. Karena dengan adanya Bentor sampah, kami berencana memindahkan tumpukan sampah itu,” pintanya. (ans)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Bupati H Askolani Perhatikan Pembangunan, Pelayanan Publik dan Kesehatan Warga Pulau Rimau Banyuasin

BUPATI Banyuasin H Askolani melakukan Safari Ramadan 1440 H dan terawih keliling di Desa Tirta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.